Kalsel

Peringatan HPSN Tingkat Provinsi Digelar di Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diselenggarakan di…

Featured-Image
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diselenggarakan di Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (21/02). Foto-apahabar.com/Syahriadi

bakabar.com, BATULICIN – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diselenggarakan di Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (21/02).

HPSN diperingati setiap 21 Februari sejak tahun 2006 dengan motivasi utama untuk pengelolaan sampah yang semakin baik untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, melalui Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Faried, menilai sampah bukan persoalan sepele.

Ribuan ton sampah yang tidak bisa ditangani dapat menyebabkan musibah. Sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat peresmian TPA Regional Banjarbakula, pada 7 Februari 2020.

Menurutnya, menjadi sangat penting melakukan pengelolaan sampah secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan.

“Kita berharap HPSN tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 ini menjadi titik tolak perubahan terhadap pemahaman masalah lingkungan yang saat ini menjadi topik yang krusial di Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Dia juga berharap kegiatan HPSN Tingkat Provinsi Kalsel bisa dilaksanakan setiap tahun secara berkelanjutan.

Baca Juga:Polres HSS Peringati HPSN di TPA Sungai Raya

“Semoga Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 mampu berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia Bersih, Maju dan Sejahtera,” tandasnya.

Sementara Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan peringatan HPSN tahun 2020 tingkat Provinsi Kalsel yang digelar di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Selamat datang di Bumi Bersujud. Terima kasih, karena kawasan Wisata Pantai Pagatan Tanah Bumbu menjadi lokasi Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020,” ujar Sudian Noor.

Sudian Noor mengatakan dipilihnya Pantai Pagatan Tanah Bumbu menjadi lokasi peringatan HPSN merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Melalui momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020 ini, kita berharap dapat meningkatkan kesadaran bersama untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya.

Dalam HPSN tersebut juga dilakukan deklarasi untuk terciptanya Kalimantan Selatan bebas sampah serta aksi bersih-bersih sampah yang diikuti perwakilan pemerintah daerah 13 kabupaten dan kota se-Kalsel, Forkopimda, lembaga swadaya masyarakat (LSM), pelajar, perusahaan, dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga:Momen HPSN, Muspika dan Pelajar Banjarmasin Selatan Gelar Aksi Bersih-bersih

Reporter: Syahriadi
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner