HUT Ke-78 RI

Perdana Upacara Hari Kemerdekaan RI di IKN

Pertama kalinya upacara Hari Kemerdekaan RI digelar di IKN. Upacara itu digelar dengan latar belakang istana negara yang sedang dibangun.

Featured-Image
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono memimpin upacara HUT RI Ke-78, Kamis (17/8). (apahabar.com/ Arif Fadillah)

bakabar.com, BALIKPAPAN- Untuk pertama kalinya, upacara Hari Kemerdekaan RI digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (17/8). Upacara itu digelar dengan latar belakang istana negara yang sedang dibangun.

Upacara HUT ke-78 RI tersebut mengusung tema 'Satukan Tekad Menyongsong Nusantara'. Lokasi upacara berada di sumbu kebangsaan atau tempat pembangunan infrastruktur kementerian koordinator 1.

Upacara tersebut dihadiri perwakilan Kadin, jajaran pejabat otorita IKN, pejabat daerah, hingga para pekerja pembangunan infrastruktur IKN.

Baca Juga: Investor IKN Tertahan Infrastruktur, Menteri Bahlil Janji Cari Solusi

Sementara itu, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan komandan upacara adalah Kapten Infanteri Andi Supratikno dan pembaca detik-detik proklamasi yakni Wakil Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Hartono Basuki. 

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan dirinya bersyukur karena bisa melaksanakan upacara untuk pertama kalinya di IKN. Tahun depan, dia optimistis upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia bisa berlangsung di Istana Negara IKN.

"Jadi sesuai dengan arahan bapak Presiden kami diminta upacara di hari ini. Ini pengantar untuk upacara tahun depan di depan istana negara," katanya usai memimpin upacara. 

Baca Juga: RAPBN 2024: Rp35,376 Triliun Anggaran PUPR Bikin Megaproyek IKN

Bambang juga menjelaskan saat ini pembangunan infrastruktur IKN terus berjalan. Bahkan, pihak swasta sudah mulai melakukan pembangunan pendukung IKN dalam satu bulan ke depan.

"Kalau progress sekitar 30 persen. Tapi nanti ini bertambah lagi, ber-progress terus," jelas Bambang. 

Sementara itu, Ketua Kadin, Arsjad Rasjid juga optimis dengan pembangunan infrastruktur IKN. Pihaknya akan berupaya menyukseskan IKN dengan menarik investor.

"IKN ini sebagai simbol Indonesia menuju tahun 2045 yaitu Indonesia emas. Semoga tahun depan kita bisa upacara bersama Presiden di Istana Negara," jelasnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner