Hot Borneo

Penumpang Datang di Bandara Syamsudin Noor Lebih Banyak Dibanding Berangkat

Sepanjang Januari 2023, Bandara Internasional Syamsudin Noor ternyata lebih banyak melayani penumpang yang datang, dibanding penumpang berangkat.

Featured-Image
Penumpang Bandara Syamsudin Noor beberapa waktu lalu. Foto-dokumen

bakabar.com, BANJARBARU - Sepanjang Januari 2023, Bandara Internasional Syamsudin Noor ternyata lebih banyak melayani penumpang yang datang, dibanding penumpang berangkat.

"Pada bulan itu penumpang yang berangkat melalui bandara di Banjarbaru ini sebanyak 98.905 orang," papar Fungsional Statistisi Ahli Madya BPS Kalsel, Fachri Ubadiyah, Minggu (19/3).

"Angka ini turun sebesar 15,14 persen, dibandingkan Desember 2022 yang mencapai 116.554 orang," imbuhnya.

Sementara, penumpang yang datang pada Januari 2023 mencapai 115.681 orang atau naik sebesar 2,59 persen ketimbang Desember tahun lalu.

"Penumpang yang datang pada Desember 2022 sebanyak 112.756 orang," katanya.

Namun jika dibandingkan dengan Januari tahun sebelumnya, jumlah penumpang yang berangkat meningkat 28,25 persen.

"Adapun penumpang datang meningkat 35,56 persen," ucapnya.

Humas Bandara Internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor mengakui persentase keberangkatan dan kedatang penumpang selama Januari 2023 tersebut benar adanya.

"Biasanya datang dan berangkat seimbang saja, sama-sama tiga ribuan sehari. Tapi Januari tadi memang lebih banyak yang datang," akunya.

Zulfian membeber, ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah kedatangan penumpang lebih banyak, dibandingkan dengan keberangkatan.

Salah satunya, karena adanya gelaran haul Guru Sekumpul di bulan lalu.

Menurutnya, sudah sejak beberapa tahun terakhir, saban kali haul Guru Sekumpul digelar, penumpang pesawat yang datang selalu meningkat.

Editor


Komentar
Banner
Banner