Kalsel

Pengundian Nomor Urut Paslon Pilbup HST, KPU Batasi Undangan

apahabar.com, BARABAI – KPU Hulu Sungai Tengah (HST) membatasi tamu undangan pada agenda pengundian nomor urut…

Featured-Image
Ketua KPU HST, Johransyah berkoordinasi dengan Kapolres dan Bupati saat berada di luar gedung sesaat sebelum agenda pengundian nomor dibuka di Gedung Murakata Barabai, Kamis (24/9). Foto-apahabar.com/Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – KPU Hulu Sungai Tengah (HST) membatasi tamu undangan pada agenda pengundian nomor urut Paslon Pilbup HST 2020.

Hanya 3 orang yang boleh mendampingi Paslon saat pengundian nomor urut di Gedung Murakata Barabai, Kamis (24/9).

Di ruang pengundian saat itu, hanya ada satu orang penghubung calon atau LO dan dua orang anggota Bawaslu serta lima orang anggota KPU saja.

Berbeda dengan Forkopimda HST. Forum ini harus berada di luar ruangan saat pengundian itu.

Mereka menyaksikan kegiatan secara streaming di lantai bawah Gedung Murakata Barabai yang telah disediakan KPU.

Padahal, sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2020, diperbolehkan mengundang para pejabat di daerah namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

Artinya, Forkopimda bisa memasuki ruangan tempat pengundian nomor. Apalagi ruangan itu cukup besar.

Ketua KPU HST, Johransyah menerangkan, pembatasan tamu undangan itu sesuai dengan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada dalam kondisi bencana non alam Covid-19.

“Ternyata aturannya diperketat lagi setelah keluar PKPU terbaru itu tadi malam. Dan kami baru tahu pagi tadi. Lalu secepatnya kami komunikasikan dengan kawan-kawan untum melakasnakan perintah amanat PKPU tadi. Dalam PKPU itu tidak ada menginstruksikan Forkopimda untuk hadir di dalam (ruang pengundian),” kata Johransyah usai pengundian nomor urut Paslon.

Dikatakan Johransyah, usai menerima PKPU perubahan terbaru tadi, pihaknya berkoordinasi dengan Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto.

“Kapolres siap melakukan pengetatan pengamanan dan melaksanakan PKPU terbaru tersebut,” kata Johransyah.

Pihaknya pun meminta maaf kepada para undangan yang telah berhadir dan hanya boleh menyaksikan melalui live streaming.

“Seluruh masyarakat HST juga bisa menyaksikan melalui streaming youtobe dan IG KPU Hulu Sungai Tengah,” katanya.

Ia juga berharap, mudah-mudahan kegiatan tersebut tidak mengurangi kehormatan semuanya untuk sama-sama saling menjaga dan terhindar dari virus corona.

Berikut hasil pengundian nomor urut paslon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2020:

Pasangan jalur idependent, pasangan nomor urut 1 yakni Fakih-Abu Yazid (Faya), nomor urut 2 pasangan Tamzil-Ilham (Tampil), nomor urut 3 pasangan Aulia Mansyah (AMAN).

Sementara dari jalur parpol, Saban-Abdillah (Sabil) mendapat nomor urut ke 4 dan nomor urut ke 5 pasangan Berry-Pahrijani (Berani).



Komentar
Banner
Banner