Pemkab Banjar

Pengukuhan Buser 690 Banjar Berhadiah Umrah dan Mesin Damkar

apahabar.com, MARTAPURA – Pengurus organisasi gabungan seluruh relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) swasta se Kabupaten Banjar, Bumi…

Featured-Image
Pengurus organisasi gabungan seluruh relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) swasta se Kabupaten Banjar, Bumi Selamat Rescue (Buser) 690 periode 2020-2025 resmi dikukuhkan, Sabtu (26/3) siang. Foto-Istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA – Pengurus organisasi gabungan seluruh relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) swasta se Kabupaten Banjar, Bumi Selamat Rescue (Buser) 690 periode 2020-2025 resmi dikukuhkan, Sabtu (26/3) siang.

Bertempat di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, pengukuhan sekaligus vaksinasi massal bekerjasama dengan Polres Banjar dan Dinas Kesehatan.

Menariknya, tiga BPK yang paling banyak membawa perwakilannya untuk vaksinasi mendapatkan hadiah mesin pemadam kebakaran berupa mesin pompa air jenis alkon.

Sedangkan hadiah utama berupa umrah untuk satu pemenang yang diundi khusus bagi pengurus Buser 690, yang dimenangkan oleh Azwar. Semua hadiah dari Ketua Buser 690 sekaligus Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi.

Total jumlah relawan Damkar se Kabupaten Banjar yang tergabung dalam Buser 690 sebanyak 146 unit.

“Buser 690 adalah organisasi masyarakat yang berperan sebagai relawan pemadam kebakaran dan penyelamatan yang bekerja tanpa pamrih,” ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ikhwansyah mewakili Bupati Banjar, saat pengukuhan.

Ikhwansyah mengatakan, Pemkab Banjar sangat mengapresiasi keberadaan Buser 690 bersama unit BPK PMK yang tergabung di dalamnya, atas perannya selama ini membantu pemerintah daerah dalam memadamkan kebakaran dan penyelamatan.

Buser 690 diharapkan dapat membangun sinergitas dan efektivitas dalam tiap upaya penanggulangan musibah kebakarakan dan penyelamatan jiwa manusia.

Lebih jauh, Ikhwansyah juga meminta saat merespon kebakaran agar memperhatikan faktor keamanan berlalu lintas saat diperjalanan menuju lokasi.

“Juga selalu jalin koordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan perangkat daerah lainnya seperti BPBD, Dinas Sosial serta instansi vertikal lainnya seperti TNI – Polri," harapnya.

Ketua Buser 690 Banjar HM Rofiqi berharap agar pengukuhan yang dilaksanakan menjadi titik balik organisasinya menjadi lebih baik lagi ke depannya.

"Buser 690 ini harus menjadi ujung tombak yang bergerak cepat ketika terjadi bencana. Hal itu bisa dilakukan jika memiliki anggota yang terlatih dan peralatan berkualitas," jelas Rofiqi yang juga Ketua DPRD Banjar ini.

Oleh karenanya, ia mengaku siap mengupayakan agar Buser 690 ke depannya jadi lebih baik lagi.

Untuk diketahui, unit BPK yang mendapat hadiah mesin pompa Damkar adalah, BPK Rekal Kaliukan Astambul sebagai yang pertama, disusul BPK Tajam Tanjung Rema Martapura, dan terakhir BPK Gantar Tanjung Rema Martapura.

HUT Damkar ke 103, DPKP Banjar Dapat Kado Gedung Baru



Komentar
Banner
Banner