Hot Borneo

Penerbangan Ekstra Bandara Syamsudin Noor, 5 Ribu Pemudik Tinggalkan Kalsel H-1

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 6.945 pemudik meninggalkan Kalimantan Selatan via Bandara Syamsudin Noor. Laporan tersebut berdasar…

Featured-Image
Petugas Bandara Internasional Syamsudin Noor mengecek kelaikan terbang calon penumpang pesawat udara pada aplikasi PeduliLindungi fitur EHAC, Minggu (1/5). Foto: Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 6.945 pemudik meninggalkan Kalimantan Selatan via Bandara Syamsudin Noor.

Laporan tersebut berdasar data enam ekstra flight atau penerbangan tambahan pada H-1 atau Minggu.

“Untuk ekstra flight ada rute ke Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta yang dilayani maskapai Lion Air Group,” kata Stakeholders Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin Ahmad Zulfian Noor di Banjarbaru, Minggu (1/5) dilansir Antara.

Pemudik yang berangkat dan datang ke Banjarmasin terdiri dari 1.925 penumpang. Mereka datang diangkut 24 penerbangan reguler dan 2 ekstra flight.

Sementara yang berangkat meninggalkan Bumi Lambung Mangkurat tercatat sebanyak 5.020 orang dengan 26 penerbangan reguler dan 4 ekstra flight.

Menariknya, jika dibanding sehari sebelumnya atau H-2 Sabtu (30/4), terjadi penurunan jumlah penumpang.

Sepanjang Sabtu, pemudik yang datang 2.802 orang melalui
26 penerbangan reguler, 1 perintis dan 4 ekstra flight.

Sedang yang berangkat tercatat 5.233 orang dari 26 penerbangan reguler, 3 perintis dan 4 ekstra flight.

Khusus untuk penerbangan perintis atau pesawat kecil mengangkut penumpang tujuan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dan Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Zulfian memprediksi masih ada pemudik yang memilih berangkat pada hari H Lebaran pada Senin (2/5) dengan segala pertimbangannya.

Pihak maskapai dan otoritas bandara pun berkomitmen untuk tetap beroperasi di Hari Raya Idulfitri agar pemudik semuanya bisa terangkut kembali ke kampung halaman untuk berlebaran.



Komentar
Banner
Banner