pilpres 2024

Pencapresan Airlangga Bebani Golkar Gabung Koalisi Perubahan

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang berkehendak bakal maju sebagai calon Presiden 2024 berpeluang menjadi beban Partai Golkar untuk

Featured-Image
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh duduk satu meja dengan Anies Baswedan, Jusuf Kalla, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono saat berbuka puasa bersama, Sabtu (25/3). Foto: apahabar.com/BS

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang berkehendak bakal maju sebagai calon Presiden 2024 berpeluang menjadi beban Partai Golkar untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan.

Sebab koalisi besutan Partai NasDem, PKS, dan Demokrat telah mengantongi nama calon Presiden yakni Anies Baswedan sehingga Airlangga hanya dimungkinkan mengisi posisi Cawapres yang sejak awal diincar Demokrat.

“Saya meyakini bahwa Airlangga Hartarto sepertinya sampai saat ini, entah ke depan, terus berupaya untuk mendapatkan tiket calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), bukan dari yang lainnya," kata pengamat politik, Adi Prayito seperti dikutip Antara, Selasa (28/3).

Baca Juga: Dilantik Golkar Lalu Mundur, Sanksi Membayangi Eks Rektor ULM

Konfigurasi politik yang menyertakan nama Airlangga diawali dari kehadiran Airlangga dalam buka puasa bersama di DPP Partai NasDem yang dihadiri sejumlah pimpinan partai politik.

Hembusan wacana Partai Golkar merapat ke Koalisi Perubahan juga gayung bersambut dengan nominasi Airlangga mengisi posisi cawapres pendamping Anies Baswedan.

Namun ia menilai bahwa pintu Golkar bergabung Koalisi Perubahan begitu kecil, sebab keinginan Airlangga untuk nyapres telah ditempati Anies Baswedan. Lalu Partai Golkar maish terlalu pagi untuk mengisi posisi cawapres pendamping Anies.

Baca Juga: Berstatus ASN, Mantan Rektor ULM Banjarmasin Batal Gabung Golkar

“Sulit membayangkan apabila Airlangga bergabung dengan Koalisi Perubahan (KPP). Karena bagi Golkar, Airlangga itu capres, bukan calon wakil presiden (cawapres)," ujarnya.

Untuk itu, kehadiran Airlangga sulit dimaknai secara lebih jauh, hanya sekadar pertemuan Ketua Umum partai.

“Saya kira itu buka puasa bersama biasa. Hal yang menjadi ramai karena Airlangga yang di KIB hadir ke buka bersama NasDem sehingga dikait-kaitkan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024," jelasnya.

Baca Juga: Demi Kuasai Senayan, Golkar Rekrut Eks Kapolda Kalsel hingga Artis

Sebelumnya, Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto tampak hadir dalam acara buka puasa bersama yang digelar DPP Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (25/3).

Dalam agenda buka bersama itu turut hadir Wakil Ketum PPP Rusli Effendi, Ketum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Habib Habib Aboe Bakar Al Habsyi.

Editor


Komentar
Banner
Banner