Regional

Pemkot Solo Bagi-bagi Motor Listrik

Pemkot Solo membagikan 59 motor listrik kepada seluruh kantor kecamatan dan kelurahan, Rabu (7/6) siang.

Featured-Image
Lurah dan camat di Solo saat menggunakan motor listrik merek United. Foto : apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Pemkot Solo membagikan 59 motor listrik kepada seluruh kantor kecamatan dan kelurahan, Rabu (7/6) siang.

Motor yang dibagikan bermerk United. Diserahkan simbolis oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Manajer United Jateng dan DIY, Ghufron menyebut motor listrik ini memiliki seri T 1800. Spesifikasinya sama dengan motor pada umumnya.

Baca Juga: Konversi Motor Listrik, Kementerian ESDM Catat Ada 318 Peserta

"Motor ini punya kecepatan 60-70 km per jam. Dengan jarak tempuh 60 hingga 70 km selama satu kali pengisian batrai selama 1,5 jam," jelasnya.

Motor ini memakai jenis baterai litium dengan kapasitas baterai 72 volt 62 ampere. Uniknya kendaraan juga dilengkapi fasilitas radio dan MP3 player.

Kendaraan listrik Pemerintah Kota Solo tampak depan. Foto : bakabar.com/Fernando
Kendaraan listrik Pemerintah Kota Solo tampak depan. Foto : bakabar.com/Fernando

Arik Ramadani, Lurah Nusukan mengaku sangat gembira menerima motor itu. Ia berterima kasih pada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. 

"Motor listrik ini hemat, mengurangi BBM dan pajak tahunan. Ini nanti digunakan untuk kendaraan dinas ke wilayah dan rapat-rapat di balai kota dan daerah," ungkapnya.

Baca Juga: Subsidi Beli Motor Listrik Tepat, Tidak Buat Mobil

Camat Laweyan, Endang Sabar sempat mencoba motor listrik itu. Menurutnya nyaman dikendarai. Tanpa menggunakan stater, motor sudah bisa melaju kencang.

Begitu juga dengan Beni Supartono, Camat Banjarsari. Menurutnya, motor listrik ini cukup menghemat BBM dan operasional perawatan.

"Dengan model ini kan cukup nge-charge aja. Motor yang lama ditarik, kami gak perlu lagi menganggarkan operasional BBM dan perawatan mesin. Ini pajak STNK aja juga cuma Rp60 ribu," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner