Pemko Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru Siapkan ‘Pelaminan’ untuk Permudah Warga Mau Menikah

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Banjarbaru terkait pelayanan administrasi kependudukan…

Featured-Image
Kegiatan penandatanganan kerjasama terkait Pelaminan oleh Pemkot Banjarbaru dan Kemenag Banjarbaru. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU - Pemerintah Kota Banjarbaru bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Banjarbaru terkait pelayanan administrasi kependudukan pernikahan (Pelaminan).

Penandatanganan kesepakatan bersama itu dilakukan Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin di Gedung Aula Gawi Sabarataan, Banjarbaru pada Senin (01/08).

“Penandatanganan kesepakatan dan kerjasama ini merupakan sarana untuk mempererat tali silaturahmi kita," ujarnya Selasa (2/8).

Dan, ia berharap kesepakatan ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dan akan berdampak positif terhadap pembangunan daerah.

"Penandatanganan kesepakatan ini merupakan sebuah upaya untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam pelayanan masyarakat,” katanya.

Sehingga, lanjutnya Pemkot Banjarbaru dapat memberikan kontribusi terbaik bagi kebaikan masyarakat dan daerah.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Banjarbaru H. Makhrus, menerangkan bahwa dalam Pelaminan ini, juga bekerjsama dengan Disdukcapil Banjarbaru.

Di mana jelasnya, dalam layanan ini, masyarakat yang akan melaksanakan pernikahan tidak hanya mendapatkan buku nikah saja, namun juga memperoleh dokumen administrasi kependudukan lainnya.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Banjarbaru, Andina Puspasari menambahkan, bahwa dokumen administrasi kependudukan lainnya itu mulai dari KTP elektronik baru sebagai suami istri, kemudian Kartu Keluarga (KK) baru sebagai suami istri, dan KK untuk orang tua kedua mempelai.

“Dokumen-dokumen ini nantinya akan diterbitkan pada hari H atau setelah hari H pernikahan,” cetusnya.

Adapun aplikasi yang digunakan untuk layanan Pelaminan yaitu Disdukcapil Banjarbaru Mobile yang bisa di-download di Playstore.



Komentar
Banner
Banner