Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, Kamis (1/6/2023).

Featured-Image
Pemerintah Kabupaten menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023. Foto-apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, Kamis (1/6/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekretaris Daerah Kapuas, Septedy. Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila berlangsung di halaman Kantor Bupati Kapuas.

Membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo, Septedy mengatakan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsapah dasar.

"Juga pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemepersatu bangsa dan sumber selaga sumber hukum negara," katanya.

Lanjut Septedy, Pancasila sebagai dasar ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan keragaman yang ada sekaligus sebagai bintang penuntun dinamis yang memandu kehidupan bangsa.

"Agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur," ujarnya.

Kemudian Pancasila digali dan lahir di bumi Indonesia menjadi konsensus nasional. Untuk itu selayaknya semua bangsa Indonesia mengaktulisasikan Pancasila.

"Sehingga Pancasila selalu diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," tutur Septedy.

Sementara itu dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes ST membacakan teks UUD 1945.

Editor


Komentar
Banner
Banner