Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Raih Penghargaan Opini WTP

apahabar.com, BANJARBARU – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) HA Chairansyah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)…

Featured-Image
Bupati HST Chairansyah menerima DADT dan penghargaan Opini WTP dari Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan Gedung Dr KH Idham Chalid Banjarbaru, Selasa (01/12) lalu./Foto-Prokom HST for apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) HA Chairansyah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Dana Transfer dan Dana Desa tahun anggaran 2021 serta penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

DADT, DD serta Penghargaan opini WTP diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan di Gedung Dr KH Idham Chalid Banjarbaru, Selasa (01/12) lalu.

Kepala Kanwil DJPB Kalsel, Dedi Sopandi dalam sambutannya menyampaikan, setiap tahun digelar acara DIPA oleh gubernur selaku wakil pemerintah di daerah dengan mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kalsel dan para KPA Satuan Kerja K/L.

“Penyerahan DIPA petikan tahun anggaran 2021 yang akan diserahkan langsung secara simbolis kepada beberapa Kepala Satuan Kerja, juga akan diserahkan daftar alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021 kepada Setdaprov dan para walikota/bupati se Kalsel. Pada kesempatan ini juga, dilakukan penyerahan piagam WTP 2020 kepada para walikota atau bupati yang tahun ini memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat," kata Dedi.

Dedi berharap agar DIPA dan Daftar Alokasi TKDD 2021 dapat segera ditindaklanjuti sehingga kegiatan dapat dilaksanakan di awal tahun nanti.

"Harapan Kami semoga pada 2021 nanti, kinerja pelaksanaan anggaran masing-masing kementerian atau lembaga dan Pemda dapat ditingkatkan menjadi semakin berkualitas sesuai dengan capaian dan output yang telah di tetapkan. Kami juga berharap dapat terus meningkatkan sinergi lintas sektoral dan menjalin koordinasi serta komunikasi yang lebih intensif lagi guna mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi," ucap Dedi.

Sementara itu, Plt Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan dalam arahannya mengatakan ,APBN/APBD sepenuhnya dibiayai oleh pajak. Karenanya, DIPA 2021 yang sudah diserahkan harus dilaksanakan dan diarahkan untuk pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, sesuai instruksi Presiden RI, Resnawan menegaskan, APBN 2021 fokus kepada empat hal yaitu, penanganan kesehatan, perlindungan sosial, program pemulihan ekonomi serta membangun pondasi yang kuat dalam melakukan reformasi struktural, baik bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial.

“Di sisi lain, saya mengingatkan agar APBN dimanfaatkan secara cermat, efektif, tepat sasaran, serta memastikan seluruh rupiah yang ada di APBN maupun APBD betul-betul dibelanjakan untuk kepentingan Rakyat, kehati-hatian, transparansi, dan akuntabilitas jangan sampai terlupakan," Resnawan.

"Kepada Bupati dan Walikota yang menerima plakat dan piagam WTP saya ucapkan Selamat dan sukses semoga kita bisa mempertahankan WTP secara berkelanjutan," tutup Resnawan.

Usai menerima DADT dan DD Tahun Anggaran 2019, Chairansyah menjelaskan , anggaran 2021 HST mendapat sebesar Rp97.507.827.000.

HA Chairansyah juga menyatakan kesiapan dalam melaksanakan APBD HST 2021 untuk pembangunan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat HST sebagaimana arahan Gubernur Kalsel dan juga Presiden RI.



Komentar
Banner
Banner