Pemkab HSS

Pemkab HSS Gelar HUT Ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI

Pemkab HSS menggelar upacara peringatan HUT ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Rabu (17/5).

Featured-Image
Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Foto: Prokopim Setda HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menggelar upacara peringatan HUT ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Rabu (17/5/2023).

Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan ini dipimpin oleh Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut Agus Setyawan.

Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan 2023 kali ini mengusung tema 'Bergerak Baimbaian Gasan Mambangun Banua Kita'.

Danlanal Kolonel Laut Agus Setyawan mengatakan peristiwa bersejarah proklamasi akan selalu melekat dalam hati sanubari dan akan dikenang sebagai bagian dari perjalanan hidup berbangsa dan bernegara.

"Kita patut berbangga di tanah tempat kita berpijak telah lahir seorang tokoh yang saat itu sebagai pimpinan Divisi IV ALRI Kalimantan Selatan," ucap Kolonel Laut Agus Setyawan.

Proklamasi yang dikumandangkan Hasan Basry merupakan puncak perjuangan masyarakat Kalsel sekaligus sebagai sumpah setia menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Para perintis kemerdekaan bertekad dan berjuang sampai titik darah penghabisan dengan semboyan lebih baik mati daripada hidup di jaman penjajahan," kata Agus.

"Kita pegang teguh kata-kata bijak bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Danlanal dan seluruh jajaran yang berkenan untuk hadir selama proses kegiatan.

Selepas upacara, Wakil Bupati dan Danlanal mengunjungi situs kesejarahan peristiwa proklamasi Gubernur Tentara ALRI mulai dari Museum Rakyat Kandangan hingga Tugu Niih di Loksado.

"Mudah-mudahan nanti ada langkah kongkret dari kita semua untuk berkordinasi bagaimana meningkatkan kembali peninggalan sejarah-sejarah ini," tutur Wabup Syamsuri Arsyad.

Usai upacara, diserahkan bantuan tali asih kepada para veteran dan janda veteran yang turut hadir sekaligus penyerahan piala kepada para juara Napak Tilas Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner