Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Terima Penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan Dari Kemendagri

Pemkab Banjar menerima penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Featured-Image
Bupati Banjar H Saidi Mansyur menerima penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Selasa (28/11). foto-MC Banjar

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan kepada 31 kepala daerah kabupaten/kota di Indonesia.

Di Kalimantan Selatan, hanya dua daerah yang menerima, yaitu Kabupaten Banjar dan Hulu Sungai Selatan (HSS).

Penghargaan itu diterima langsung Bupati Saidi Mansyur yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Syafrizal ZA, dalam kegiatan Diseminasi Peraturan Pemerintah Tentang Perkotaan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/11).

Penganugerahan Maturitas Pelayanan Perkotaan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 600.3-486 tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten Banjar dengan penerapan Smart City yang dimulai sejak 2019 lalu, diakui tingkat kematangan atau pemenuhan standar kota cerdas sesuai SNI perkotaan cerdas.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Syafrizal ZA mengucapkan selamat kepada penerima apresiasi.

Ke depan pihaknya menginginkan penilaian indikator yang official atau indikator yang sudah diverifikasi oleh BSN dan ISO. Sehingga tahun depan akan menjadi apresiasi paling bergengsi bagi pengelolaan perkotaan.

"Hadiahnya akan lebih besar bagi yang mampu menembus angka M4 M5, dikasih insentif daerah. Dengan indikator yang terukur, teruji, pengambilan data yang baik dan presentasi pada pengambil keputusan soal pendanaan juga baik," ujar Safrizal.

Ia mengingatkan kepada penerima penghargaan dengan indikator tersebut, tidak bisa bersantai atau hanya menunggu dengan harapan sewaktu waktu akan mendapatkannya.

"Selamat kepada penerima apresiasi semoga tumbuh terus kotanya, semakin baik pelayanan yang diberikan, semakin tinggi apresiasi positif oleh masyarakat," tutup mantan PJ Gubernur Kalsel itu.

Editor
Komentar
Banner
Banner