Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Terima Penghargaan ILP, Menkes Ingatkan Fungsi Puskesmas Sebenarnya

Pemkab Banjar menjadi salah satu dari sembilan kabupaten kota yang menerima penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI.

Featured-Image
Wabup Banjar Habib Idrus Al-Habsyie saat menerima penghargaan ILP dari Kemenkes RI, di Jakarta, Kamis (31/8). foto-istimewa.

bakabar.com, JAKARTA -Pemerintah Kabupaten Banjar menjadi salah satu dari sembilan kabupaten kota yang menerima penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI.

Penghargaan diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, saat menghadiri Launching Nasional Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, di Grand Ballroom Jiexpo Convention Centre dan Theatre, Arena Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023) siang.

Sembilan daerah penerima penghargaan ILP yaitu Kabupaten Garut, Timor Tengah Selatan, Ogan Ilir, Banjar, Sumbawa Barat, Maros, Keerom, Kota Surabaya, dan Kota Tual.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi kepada sembilan kabupaten kota yang sudah menerapkan ILP sehingga layanan kepada masyarakat di daerah dapat lebih maksimal.

"Kesehatan penting memastikan kita memiliki taraf intelektual agar menjadi produktif," ujar Budi.

Budi juga berpesan kepada semua kepala daerah agar memahami konsep puskesmas, jangan menjadikannya sebagai rumah sakit. Sebab, Puskesmas untuk menjaga orang sehat, sementara rumah sakit menyembuhkan orang yang sakit.

"Tolong dinas kesehatan di daerah agar dingatkan kembali filosofi tersebut. Semua kader posyandu juga harus bisa mengedukasi sebagai bagian promosi kepada masyarakat," ucap Budi.

"Tugas posyandu bikin kegiatan setiap bulan sekali datang ke rumah warga untuk mengedukasi keluarga agar berprilaku hidup sehat," pintanya.

Sementara, Wabup Banjar Habib Idrus mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang sudah bekerja keras sehingga mendapat penghargaan ILP tersebut.

"Semoga amal kebaikan ini menjadi motivasi untuk lebih baik lagi demi kemajuan Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis (Manis)," harap Habib Idrus.

Kepala Dinkes Banjar Yasna Khairina menambahkan, sangat mengapresiasi seluruh jajarannya terutama UPTD Puskesmas.

"Terima kasih kepada seluruh tim puskesmas dan dukungan penuh dari Bupati Banjar H Saidi Mansyur. Ini bukti kongkret dari pemerintah daerah sehingga Dinkes melalui UPTD nya mampu mempersembahkan yang terbaik untuk Kabupaten Banjar," tutup Yasna.

Editor


Komentar
Banner
Banner