Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Sediakan Stand Gratis UMKM di Lokasi Pasar Ramadan

Tenda gratis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dalam rangka mendukung perekonomian lokal melalui kegiatan Pasar Ramadhan tahun 1445 H

Featured-Image
Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Balangan, Hj Herlina. Foto-bakabar.com/Hendry.

bakabar.com, PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Balangan telah menginisiasi penyediaan tenda gratis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

Tujuannya dalam rangka mendukung perekonomian lokal melalui kegiatan Pasar Ramadhan tahun 1445 H, yang berlangsung di kawasan Lapangan Sepak Bola Martasura, Kecamatan Paringin.

Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Balangan, Hj Herlina, mengungkapkan bahwa jumlah pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam Pasar Ramadan 1445 H ini mencapai 115 UMKM.

Seluruh fasilitas yang diberikan kepada para peserta, termasuk tenda, disediakan secara cuma-cuma alias gratis tidak dipungut biaya.

"Di antara peserta tersebut, terdapat 36 UMKM yang menawarkan masakan sayur ikan, 28 UMKM yang menyediakan kue basah dan kue kering, serta 51 UMKM yang menyajikan berbagai jenis gorengan, takjil, dan minuman," ungkapnya, Selasa (12/3/2024).

Hj Herlina juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Balangan serta semua pihak terkait yang telah berhasil menyelenggarakan acara ini dengan sukses. 

"Melalui kegiatan ini, kami dapat mempromosikan UMKM lokal Balangan serta menyediakan fasilitas stand secara gratis," ujarnya.

Beliau berharap agar anggaran untuk penyelenggaraan Pasar Ramadan tahun depan dapat ditingkatkan, sehingga acara ini dapat menjadi sebuah even yang lebih besar dan menarik perhatian masyarakat setempat. 

"Kami berharap agar Pasar Ramadan menjadi sebuah acara yang dinantikan masyarakat untuk berbuka puasa, yang juga memberikan manfaat ekonomi bagi para pelaku UMKM," tambahnya.

Hj Herlina juga mengutarakan permohonan maaf atas keterbatasan penyelenggaraan Pasar Ramadan tahun ini, serta menyatakan harapannya agar acara tersebut dapat ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang. 

"Kami berharap dapat terus berkontribusi dalam membantu memperkenalkan dan mengembangkan UMKM lokal, sehingga mereka dapat bersaing secara sejajar dengan UMKM dari kabupaten lain," tandasnya.

Sebagai informasi tambahan, Pasar Ramadan 1445 H di Balangan beroperasi mulai pukul 14.00 hingga 18.30 Wita.

Editor
Komentar
Banner
Banner