Kalsel

Pembinaan Humanis, Polsek Banjarmasin Timur Ajak Makan Anak Jalanan

apahabar.com, BANJARMASIN – Berbagai cara dilakukan Kepolisian guna menjaga situasi yang aman serta mencegah terjadinya masalah…

Featured-Image
Polsek Banjarmasin Timur mengumpulkan anak-anak jalanan yang biasa mangkal di samping Jembatan Fly Over, Jalan A Yani Kilometer 4, Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Banjarmasin Timur. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Berbagai cara dilakukan Kepolisian guna menjaga situasi yang aman serta mencegah terjadinya masalah sosial di masing-masing wilayahnya.

Seperti yang dilakukan Polsek Banjarmasin Timur, Selasa (14/7) sore. Diinisiasi Kapolsek AKP Susilo, para polisi mengumpulkan anak-anak jalanan yang biasa mangkal di samping Jembatan Fly Over, Jalan A Yani Kilometer 4, Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Banjarmasin Timur.

Sore itu, mereka dikumpulkan untuk diberikan nasihat serta pembinaan.

Namun, tak sekadar diberikan nasihat dan pembinaan, anak jalanan yang rata-rata berusia 9 hingga 17 tahun juga diajak makan bareng di Aula Mapolsek Banjarmasin Timur.

Sambil lesehan, anak anak itu nampak lahap menyantap nasi bungkus. Kapolsek pun mengajak mereka berkomunikasi dan mendengarkan cerita serta keluh kesah mereka.

“Kita ajak mereka makan bareng sambil kita beri nasihat dan pembinaan supaya tidak terlibat dalam aksi-aksi menyimpang yang dapat merugikan diri mereka maupun orang lain, seperti mengkonsumsi miras, lem fox dan lainnya,” ujar Kapolsek.

Menurut Susilo, para anak jalanan rentan menjadi korban kejahatan seperti ekploitasi anak dan pelecehan. Maka dari itu upaya-upaya seperti ini lah yang dirasa bagus untuk memberikan pemahaman kepada para anak.

“Selain itu jika tanpa perhatian dari kita dan para orang tua, mereka juga rentan menjadi bagian dari rantai kejahatan jalanan. Untuk itu perlahan kami berikan pembinaan,” imbuh Kapolsek.

Ia berharap dengan pembinaan yang humanis seperti arahan dari pimpinan, khususnya Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan, anak-anak jalanan ini tidak menjadi korban maupun pelaku kejahatan jalanan serta kriminalitas lain.

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner