Hot Borneo

Pembangunan IKN di Penajam Paser Utara, Tenaga Kerja Lokal Diklaim Dapat Jatah

apahabar.com, JAKARTA – Dalam mewujudkan bentuk nyata IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, pemerintah mengklaim lebih…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo ketika melakukan penanaman pohon di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA – Dalam mewujudkan bentuk nyata IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, pemerintah mengklaim lebih banyak menggunakan tenaga kerja lokal.

Tentu saja tenaga lokal tersebut tidak dilepas begitu saja. Sebelummya mereka juga akan mendapatkan pelatihan dan peningkatan skill.

“Sesuai instruksi Presiden, tenaga kerja yang akan membangun IKN Nusantara harus dimatangkan,” papar Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono, Kamis (21/7).

“Banyak pekerja yang merupakan penduduk lokal di sekitar IKN. Sekarang mereka sudah memasuki masa-masa pelatihan dan pematangan skill,” imbuhnya.

Pelatihan tersebut terbagi menjadi konstruksi dan non-konstruksi. Adapun mereka yang dilibatkan berasal dari masyarakat setempat hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kami bekerja sama dengan elemen masyarakat, baik lembaga swadaya masyarakat, akademisi dan beberapa BUMN untuk memberikan skill skill yang dibutuhkan,” jelas Bambang.

Dipastikan pekerjaan pembangunan IKN Nusantara akan terus dikebut, sesuai target-target yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

“Presiden sudah memberikan arahan supaya target-target tetap sesuai dengan yang dicanangkan 2024 mendatang," pungkas Bambang.



Komentar
Banner
Banner