Habar Pemilu 2024

Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 di Batola Dimulai, Petugas Dibatasi Aturan Ketat

Proses sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Barito Kuala (Batola) sudah dimulai di Gedung Serbaguna, Kamis (4/1).

Featured-Image
Ketua Bawaslu Batola, Muhammad Syaifi, ikut memantau proses sortir dan lipat suara suara Pemilu 2024 di Gedung Serbaguna Batola. Foto: Bawaslu Batola

bakabar.com, MARABAHAN - Proses sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Barito Kuala (Batola) sudah dimulai di Gedung Serbaguna, Kamis (4/1).

Untuk pekerjaan tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU Batola mengerahkan sedikitnya 130 petugas yang direkrut terpisah.

Sebagian dari mereka adalah pemula, tetapi tak sedikit pula yang sudah berpengalaman dalam menyortir dan melipat surat suara pemilu tahun sebelumnya.

Mereka akan bekerja selama sepekan kedepan mulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 17.30 Wita. Andai pengelolaan logistik tidak selesai dalam sepekan, berarti diberlakukan jam lembur.

Lantas demi menjaga ketepatan waktu, semua petugas dibatasi sejumlah tata tertib.

Di antaranya tidak boleh membawa ataupun makan dan minum, serta dilarang merokok dan bermain ponsel di area pelipatan.

Baca Juga: Surat Suara di KPU Batola Masih Terbungkus, Pelipatan Tunggu Rakor

Selain diawasi komisioner dan petugas KPU, proses sortir dan pelipatan juga dipantau Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batola.

"Kami mengapresiasi pekerjaan petugas sortir dan lipat. Semoga bantuan seluruh lapisan masyarakat bisa membuat Pemilu 2024 di Batola berlangsung lancar," ungkap Muhammad Syaifi, Ketua Bawaslu Batola.

Seandainya ditemukan surat suara rusak, petugas harus melakukan rekapitulasi. Selanjutnya dilaporkan berjenjang ke KPU Kalsel dan RI.

"Jumlah surat suara yang disortir dan dilipat berjumlah sekitar 1,2 juta lembar," ungkap Rusdiansyah, Ketua KPU Batola.

"Surat suara rusak dan bagus akan dihitung setiap hari. Selanjutnya di akhir kegiatan, baru dibuatkan berita acara," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner