Hot Borneo

PDI Perjuangan Banjar Sebar Anakan Ayam Kampung untuk Warga Karang Intan

Ketua DPC PDI-P Kabupaten Banjar, Fahrani, membagikan anakan ayam kampung ke warga, dalam rangka ketahanan pangan dan ekonomi keluarga.

Featured-Image
Ketua DPC PDI-P Kabupaten Banjar, Fahrani, membagikan anakan ayam kampung untuk warga, Kamis (11/5). Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banjar, Fahrani, membagikan anakan ayam kampung ke warga, dalam rangka ketahanan pangan dan ekonomi keluarga.

"Hari ini 5 warga di Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan yang menerima bantuan, tiap orang mendapatkan 50 anakan ayam kampung," ujar Fahrani.

Program ini tidak hanya pertama kali, sebelumnya bibit ikan hingga anakan bebek untuk warga juga telah diserahkan.

Bahkan untuk anakan bebek sudah mulai panen telur, yang jumlahnya seribu ekor di wilayah Astambul.

Di Kecamatan Sungai Tabuk warga juga menerima bantuan 4 mesin penetas telur.

"Ini program PDI Perjuangan guna mendukung ketahanan pangan dan ekonomi keluarga," tutur Fahrani.

Untuk jenis ayam kampung yang diserahkan adalah ayam kampung unggul balitbangtan (KUB).

Fahrani menjelaskan, kelebihan ayam kampung KUB ini karena dwiguna, yaitu dapat bertelur lebih banyak dan penghasil daging lebih bagus dari ayam kampung biasanya.

"Dalam enam bulan sudah bisa bertelur. Bertelurnya bisa tiap hari. Di sisi lain hanya dua bulan ayamnya sudah bisa dipanen untuk ayam kalasan," ungkapnya.

Kelebihan lainnya, ayam kampung KUB ini durasi pengeraman yang juga lebih cepat dibandingkan ayam kampung biasa, sehinga lebih produktif dalam bertelur dan penetasan.

"Diharapkan anakan ayam ini di tangan warga bisa menjadi calon indukan yang nantinya akan banyak bertelur dan jumah ayam tambah banyak," pungkas Fahrani.

Editor


Komentar
Banner
Banner