Kalsel

PDAM Diminta Cepat Atasi Kesulitan Air Bersih di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Krisis air bersih sudah menjadi masalah klasik saat musim kemarau. Produksi air bersih…

Featured-Image
Ilustrasi krisis air bersih. Foto-istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Krisis air bersih sudah menjadi masalah klasik saat musim kemarau.

Produksi air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih menurun.

Akibatnya masyarakat Banjarmasin kesulitan mendapatkan air bersih karena penyaluran air ke rumah mereka berkurang.

Merespon masalah itu, anggota DPRD Banjarmasin, Siti Rahimah meminta PDAM Bandarmasih cepat tanggap.

img

Anggota DPRD Banjarmasin dan Ketua Fraksi Gerindra, Hj Siti Rahimah. Foto- bakabar.com/Ahya Firmansyah

“Musim kemarau ini kan terjadi tiap tahun. Dan PDAM harusnya sudah bisa mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi akibat musim kemarau ini. Sebelum pelanggan mengeluhkan pelayanan PDAM Bandarmasih. Karena kasihan warga juga, harus tetap normal membayar tetapi pelayanannya tidak optimal,” kata Rahimah, Selasa (1/10) kemarin.

Dia meminta PDAM ikut membuat perencanaan setiap kali jelang kemarau melanda agar krisis air tak menjadi penyakit menahun.

“Yang saya tahu ada keluhan warga dari Banjarmasin Barat. Air PDAM di rumah mereka justru tidak jalan, sehingga menghambat aktivitas warga,” ujarnya.

PDAM diharapkan sudah dapat mengatasi kendala yang muncul. Seperti adanya kendala penyaluran air karena perbaikan pipa ataupun seperti saat ini kurangnya produksi air bersih diakibatkan musim kemarau.

“Saya harap Pemkot bisa menanggulangi ini. Entah apakah itu memberikan bantuan kepada warga ataupun solusi lain agar warga Banjarmasin tidak kesulitan air,” pintanya.

Di sisi lain, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengakui jika memasuki musim kemarau seperti sekarang warga banyak mengeluhkan kesulitan air.

“Ini memang adalah fenomena alam di tiap tahun. Dari PDAM sendiri untungnya air baku di Sungai Tabuk masih bisa digunakan,” ucap Ibnu.

Menurutnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Banjarmasin maka PDAM akan menyalurkan air menggunakan mobil tangki ke titik lokasi yang mengalami kendala penghentian air.

“Ya, semoga dalam waktu cepat turun hujan agar mengurangi instrusi air laut yang sudah dirasakan masyarakat. Saat ini kan air dirasakan asin akibat instrusi itu. Untuk itu pemko meminta PDAM bisa menyalurkan bantuan air kepada masyarakat Banjarmasin,” pungkasnya.

Baca Juga: Sayyid Ismail Distribusikan Air Bersih ke Rumah Warga

Baca Juga: Intake Sungai Bilu Belum Bisa Beroperasi, PDAM Gratiskan Air Bersih

Baca Juga:PMI Batola Bagi-bagi Air Minum

Reporter: Ahya FirmansyahEditor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner