G20

Pasca Xi Jinping Labrak Justin Trudeau, Beijing Berikan Klarifikasi

Momen langka di sela sela pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali. Presiden Republik Rakyat Chinamelabrak langsung perdana menteri Kanada

Featured-Image
Xi Jinping disebut marahi Justin Trudeau di KTT G20. (Adam Scotti/PMO via Reuters)

bakabar.com, Jakarta- Momen langka di sela sela pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20Bali. Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping melabrak langsung perdana menteri Kanada Justin Trudeau. Dengan raut wajah datar Xi menegur Trudeau mengenai diskusi mereka yang bocor ke media.

Menurut penerjemah Xi Jinping menyebut Xi Jinping keberatan karena Trudeau dianggap tidak bisa menjaga rahasia dengan membocorkan hasil pembicaraan mereka ke publik.

“Semua yang kami diskusikan telah bocor ke surat kabar dan itu tidak pantas,” kata penerjemah Xi.

"Dan itu bukanlah cara pembicaraan dilakukan," lanjutnya.

Jika ada ketulusan di pihakmu, maka kita akan menggelar pembicaraan dengan sikap saling menghormati, bila sebaliknya maka bisa ada konsekuensi yang tidak bisa diprediksi," kata Xi ke Trudeau via penerjemah.

Menanggapi Xi, Trudeau menyatakan bahwa di Kanada keterbukaan merupakan hal yang biasa.

"Di Kanada, kita percaya terhadap dialog yang bebas dan terbuka. Kita akan melanjutkan kerja bersama yang konstruktif, namun bakal ada hal-hal yang kita tidak bisa setujui," kata Trudeau.

Obrolan Xi dan Trudeau dilakukan sambil berdiri. Hal itu tidak lazim bagi Xi Jinping yang terkenal sangat formal. Setelah Xi selesai berbicara, Trudeau mengucap tanggapannya.

Di akhir pembicaraan, Xi menjabat tangan Trudeau dan mereka berpisah. Tampa raut tidak biasa pada wajah Trudeau.


"Mari kita ciptakan kondisinya dulu," kata penerjemah presiden negara adidaya tersebut. .

Beijing Berikan Klarifikasi


Usai video Xi Jinping mengomeli Justin Trudeau menjadi viral, pemerintah China memberikan klarifikasinya. Beijing membantah jika Xi Jinping mengomeli Perdana Justin Trudeau.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan Beijing mendukung pertukaran yang jujur selama pembicaraan berlangsung atas dasar kesetaraan.

Ia juga mengatakan China bakal mengambil tindakan untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Kanada.

"Video yang Anda sebutkan itu memang percakapan singkat yang dilakukan kedua pemimpin selama KTT G20. Ini sangat normal. Saya kira itu tak boleh diartikan bahwa pemimpin Xi mengkritik atau menuduh siapa pun," kata Mao, seperti dikutip dari CNN Jumat (18/11).

Sebelumnya, Trudeau lebih dulu buka suara soal video itu.

Ia mengatakan pemerintah Kanada tak pernah merilis secara resmi hasil pertemuannya dengan Xi Jinping. Meski demikian, Trudeau mengonfirmasi pertemuan itu memang terjadi.

Xi Jinping disebut marahi Justin Trudeau di KTT G20. (Adam Scotti/PMO via Reuters)

Editor


Komentar
Banner
Banner