Kalsel

Pasca Haul Sekumpul, 800 Ton Lebih Sampah Diangkut ke TPA

apahabar.com, MARTAPURA – Pasca haul Abah Guru Sekumpul ke 15 pada 29 Februari-1 Maret kemarin, sudah…

Featured-Image
Pasca haul, petugas dan relawan langsung memungut dan mengangkut sampah di Martapura dan Banjarbaru, Senin (2/3). Foto-apahabar.com/hendra

bakabar.com, MARTAPURA - Pasca haul Abah Guru Sekumpul ke 15 pada 29 Februari-1 Maret kemarin, sudah 800 ton lebih sampah diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Selasa (3/3) malam.

Ribuan petugas dan relawan masih berjibaku dengan sampah pasca Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul. Bahkan tadi malam usai hujan reda, para petugas bersama camat, lurah, serta relawan kembali mengangkut sampah di beberapa titik di Martapura Kota.

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH Banjar), Achmad Nursailah menjelaskan, pihaknya bersama relawan siang malam mengangkut sampah haul sejak Jumat lalu, untuk mengejar target selesai tiga hari pasca haul.

img

“Ada 450 petugas dibantu relawan sekitar 600 orang. Kita juga dibantu DLH Banjarbaru, Banjarmasin, Marabahan, dan Tanah Laut. Personil TNI, Para pelajar, mahasiswa, komunitas, dan Pemkab Banjar juga turut membantu,” ujar Achmad.

Ia merincikan, Pemkot Banjarmasin mengerahkan 10 unit truk sampah, Banjarbaru 40 unit truk dan 2 unit alat berat, Tanah Laut 5 unit truk dan Kabupaten Barito Kuala 3 unit truk.

"Untuk Kabupaten Banjar kita menerjunkan seluruh armada kita sebanyak 30 unit truk terdiri atas 16 dump truk dan 17 unit arm roll serta alat berat. Juga dibantu relawan dari Gasak sebanyak 60 unit untuk mengangkut sampah dari lokasi ke titik pengumpulan yang ada di tujuh titik. Salah satu yang terbesar ada di Muhibbin," katanya.

img

Ia menjelaskan, kemarin Selasa saja sudan 787,5 ton sampah diangkut. “Saat ini sudah pasti lebih 800 ton sampah, karena kita siang malam mengangkutnya,” tuturnya.

Semua sampah dikirim ke TPA Cahaya Kencana Karang Intan, dan TPA Regional Banjarbakula. “Di TPA Regional Selasa kemarin sudah 570,5 ton sampah diangkut, itu sampah sudah termasuk di Banjarbaru, sementara di TPA Cahaya Kencana hingga Selasa siang total 217 ton,” papar Achmad.

Ia bersyukur banyak pihak dan relawan yang berpartisipasi membantu membersihkan sampah. “Semoga hari ini semua sampah sudah habis diangkut, dan kembali bersih seperti sedia kala,” pungkasnya.

Baca Juga:Kalsel Cetak Ribuan Petani Milenial, Kadis Pertanian: BPP Homebasenya

Baca Juga:Pasca Haul Abah Guru Sekumpul, Budaya Sungai Martapura Hidup Kembali

Reporter: Hendra LianorEditor:Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner