Possesive Relationship

Pasangan Kamu Posesif? Kenali Tandanya!

Sikap posesif memiliki potensi dampak negatif pada suatu hubungan. Ini adalah tanda ketidaksehatan. 

Featured-Image
Memiliki possessive partner harus segera diatasi. Foto: dragana991/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Sikap posesif memiliki potensi dampak negatif pada suatu hubungan. Ini adalah tanda ketidaksehatan. 

Individu yang posesif hanya fokus pada bagaimana Anda bisa memenuhi keinginannya, tanpa memedulikan kebahagiaan Anda. Psikologi posesif selalu bertujuan untuk memiliki dan mengontrol sesuatu.

Namun, yang lebih merisaukan kali ini adalah bahwa mereka ingin mengontrol individu, khususnya Anda. Pasangan Anda yang terlalu posesif memiliki niat untuk mengendalikan Anda.

Apakah Anda akan memberikannya kesempatan untuk melakukannya? Cinta seharusnya melibatkan proses saling memberi dan menerima, tetapi hal ini tidak akan pernah terjadi dalam hubungan yang bersifat posesif.

Ilustrasi pasangan berdebat. Foto: fizkes/istock photo
Ilustrasi pasangan berdebat. Foto: fizkes/istock photo

Melansir dari lama Marriage (21/9), Para pakar menyarankan untuk menganggap pasangan yang menunjukkan sikap posesif sebagai peringatan bahaya. Cinta sejati tidak akan tercermin dalam kontrol berlebihan yang dilakukan pasangan, baik dalam pernikahan maupun hubungan yang belum resmi.

Selain itu, tanda posesif ini bisa dimulai secara perlahan, perilaku tersebut bisa menjadi indikasi awal dari potensi kekerasan.

Berikut adalah 15 tanda bahwa pasangan Anda mungkin posesif:

1.Selalu Ingin Tahu Keberadaan Anda: Mereka sering kali bertanya di mana Anda berada dan dengan siapa.

2. Mengendalikan Hubungan Anda dengan Teman dan Keluarga: Mereka berusaha membatasi waktu yang Anda habiskan dengan teman dan keluarga Anda.

3. Mengawasi Media Sosial Anda: Mereka sering memeriksa aktivitas Anda di media sosial dan bertanya tentang setiap kontak baru.

4. Pergeseran Prioritas: Pasangan posesif mungkin mengharapkan Anda untuk memprioritaskan mereka di atas segalanya, bahkan di atas pekerjaan dan hobi Anda.

5. Kemarahan Saat Anda Tidak Tersedia: Mereka marah atau cemburu jika Anda tidak tersedia atau tidak menjawab pesan mereka dengan cepat.

6. Mengekang Kebebasan Anda: Mereka mungkin mencoba membatasi kebebasan Anda, misalnya dengan melarang Anda pergi ke acara tertentu atau berbicara dengan jenis kelamin tertentu.

7. Memiliki Akses ke Ponsel atau Pesan Anda: Pasangan posesif mungkin ingin mengakses ponsel Anda atau membaca pesan Anda tanpa izin.

8. Mengkritik dan Membandingkan Anda: Mereka sering mengkritik Anda atau membandingkan Anda dengan orang lain.

9. Merasa Cemburu Berlebihan: Mereka mudah cemburu bahkan terhadap teman wanita atau pria Anda yang biasa.

10. Kontrol Keuangan: Mereka mungkin mencoba mengontrol keuangan Anda atau memeriksa setiap pengeluaran.

11. Mengatur Cara Anda Berpakaian: Pasangan posesif bisa mencoba mengatur cara Anda berpakaian dan melarang Anda mengenakan pakaian tertentu.

12. Memiliki Jadwal yang Ketat: Mereka ingin tahu dengan siapa Anda bertemu dan apa yang Anda lakukan setiap saat.

13. Manipulatif: Mereka sering menggunakan manipulasi emosional untuk mendapatkan yang mereka inginkan.

14. Mengancam untuk Meninggalkan Anda: Mereka mungkin mengancam untuk meninggalkan Anda jika Anda tidak memenuhi keinginan mereka.

15. Isolasi Diri: Pasangan posesif bisa mencoba menjauhkan Anda dari teman dan keluarga Anda sehingga Anda hanya bergantung pada mereka.

Cara Mengatasi Pasangan Posesif
Komunikasi dan berbicaralah. Inilah tindakan terbaik yang dapat diambil untuk mencapai pemahaman tentang apa yang tengah dipikirkan oleh pasangan yang memiliki sifat posesif.

Anda harus berusaha membuat mereka menyadari bahwa ini bukanlah apa yang Anda harapkan, dan Anda merasa tidak nyaman dengan terus munculnya tanda-tanda posesif yang mereka tunjukkan.

Berkaitan dengan orang yang posesif dan enggan berubah dapat mengakibatkan penderitaan dalam hidup Anda. Tanda-tanda posesif seharusnya menjadi peringatan yang perlu diwaspadai. Jangan pernah biarkan orang lain mengontrol hidup Anda dan mengatur jalannya.

Jika pasangan Anda mencintai Anda, mereka akan memahami ketidaknyamanan Anda terkait sifat posesifnya. Jika mereka terbuka untuk perubahan, manfaatkan peluang ini dan pertimbangkan konseling. Ini adalah satu-satunya cara untuk menentukan apakah hubungan ini layak untuk dikejar atau tidak.
Editor
Komentar
Banner
Banner