Borneo Hits

Partai Golkar Atensi Tes Kesehatan Bakal Calon di Pilkada Banjarbaru 2024

Tes kesehatan para kandidat yang berlaga di Pilwali Banjarbaru menjadi atensi partai politik (Parpol) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Featured-Image
Ketua DPD Golkar Banjarbaru, Gusti Rizky Sukma Iskandar Putera, ketika ditemui awak media di Gedung DPRD Banjarbaru. Foto: bakabar.com/Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Tes kesehatan para bakal calon kandidat di Pilkada Banjarbaru 2024 menjadi atensi Partai Golkar.

Disampaikan dalam rapat koordinasi pemenuhan persyaratan administrasi bakal pasangan calon, DPD Partai Golkar Banjarbaru meminta KPU lebih perhatian dalam memeriksa persyaratan kesehatan.

"Kami menekankan agar para kandidat yang berpartisipasi memiliki jasmani dan rohani sehat," tegas Ketua DPD Partai Golkar Banjarbaru, Gusti Rizky Sukma Iskandar Putera, Jumat (16/8).

"Jangan sampai dalam perjalanan selanjutnya mereka terkendala kesehatan, karena pasti akan berpengaruh besar, khususnya untuk menyejahterakan masyarakat," imbuhnya.

Mengingat syarat kesehatan jasmani dan rohani tersebut juga merupakan syarat utama pendaftaran, kegagalan melalui pemeriksaan sama saja dengan tidak memenuhi syarat berkontestasi di pilkada.

"Kalau pemimpin memiliki kekurangan kesehatan, tentu akan mempengaruhi kinerja. Makanya kami pun sangat memperhatikan persyaratan kesehatan bakal calon yang diusung," tegas Rizky.

"Bahkan seandainya surat rekomendasi sudah keluar dan pasangan calon tidak memenuhi persyaratan kesehatan, tentunya kami bisa melakukan penggantian," sambungnya.

Sementara Ketua KPU Banjarbaru, Dahtiar, menegaskan bahwa syarat pencalonan tetap menggunakan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016. Salah satunya sehat jasmani dan rohani.

"Kami menekankan agar bakal calon maupun parpol pengusung mulai melengkapi berkas-berkas sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2024, sebelum melakukan pendaftaran," tegasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner