Banjarmasin Hits

Paripurna Hari Jadi ke-497 Kota Banjarmasin Usung Tema Kebersamaan Antar Seluruh Warga

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Banjarmasin menjadi rangkaian kemeriahan peringatan Hari Jadi ke-497 Kota Banjarmasin Tahun 2023.

Featured-Image
Anggota DPRD Kota Banjarmasin. Foto-Ist

bakabar.com, BANJARMASIN – Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Banjarmasin menjadi rangkaian kemeriahan peringatan Hari Jadi ke-497 Kota Banjarmasin Tahun 2023.

Rapat digelar di ruang rapat paripurna DPRD Kota Banjarmasin, Kamis (21/9).

Sebagaimana biasa, agenda rapat paripurna tahunan dihadiri Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Wakil Wali Kota, Arifin Noor, didampingi jajaran kepala SKPD, Camat, Lurah, dan Forkopimda Kota Banjarmasin dengan menggunakan baju adat Banjar.

Agenda itu, turut dihadiri pula para tamu undangan, tokoh ulama dan masyarakat, pimpinan media cetak dan elektronik, pimpinan partai politik serta sejumlah undangan lainnya.

Hari Jadi ke-497 Kota Banjarmasin tahun ini bertajuk "Kebersamaan Antar Seluruh Warga Banjarmasin Adalah Kita". Adapun maknanya diartikan apapun Kota Banjarmasin adalah milik kita bersama.

Sebelum kegiatan inti berlangsung, dibuka dengan penampilan sejumlah kesenian khas Banjar diantaranya disuguhkan group tari Sanggar Seni Galuh Banjar.

Rapat paripurna dibuka Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya dengan didampingi Wakil Ketua, M Yamin, Matnor Ali dan Tugiatno.

Ketua DPRD Banjarmasin, Harry Wijaya ketika memimpin rapat paripurna mengatakan, di usia hampir lima abad ini meski dengan segala kekurangannya harus diakui berkembang cukup pesat.

Prestasi capaian pembangunan di berbagai sektor itu menurut Harry Wijaya , tidak terlepas dari peran DPRD Banjarmasin dalam melaksanakan tupoksinya dan dengan dukungan seluruh Forkopimda serta seluruh berbagai lapisan masyarakat.

“Semoga peringatan Hari Jadi ke-497 Kota Banjarmasin tahun ini Banjarmasin diberkahi serta diridoi oleh Allah SWT,” kata Harry Wijaya.

Ia juga berharap momentum peringatan Harjad Banjarmasin tahun ini dapat dijadikan inspirasi dan sebagai motivator untuk lebih berbuat yang terbaik lagi untuk peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Banjarmasin.

Menurutnya, kendati sudah berusia hampir lima abad, namun Banjarmasin sebagai kota besar masih banyak menyimpan tantangan dan sejumlah permasalahan baik fisik maupun non fisik yang harus diselesaikan.

Menyadari itu lanjut Harry Wijaya, melalui peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke – 497 tahun ini haruslah dijadikan momentum bersama untuk melakukan refleksi, evaluasi atas dinamika kinerja dan langkah bersama sebagai penyelenggara pemerintahan, maupun DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat.

” Kami sendiri sebagai Ketua bersama unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD Banjarmasin sangat menyadari masyarakat menaruh harapan besar agar pembangunan kota ini menuju perubahan kearah lebih baik lagi,” tandas Harry Wijaya.

Pada momentum peringatan hari jadi Kota Banjarmasin ke 497 ini Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya juga mengajak semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat turut terlibat dalam membangun dan menjaga kota Banjarmasin yang Barasih wan Nyaman (Baiman).

Pemerintah akan selalu berupaya memberikan ruang fasilitasi apresiasi dan kenyamanan pada setiap warganya. Sebaliknya ujarnya, warga juga harus turut terlibat dalam menjaga dan memaksimalkan apa yang sudah dimiliki kota Banjarmasin ini.

Sementara Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannya juga mengatakan, bahwa pelaksanaan pembangunan di Kota Banjarmasin dengan segala kekurangannya kini dirasakan berkembang cukup pesat.

Prestasi capaian pembangunan di berbagai sektor itu menurut Wali Kota, tidak terlepas dari peran DPRD Banjarmasin dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya serta dukungan seluruh Forkopimda maupun seluruh berbagai lapisan masyarakat.

Wali Kota Ibnu Sina mengatakan bahwa seluruh capaian pembangunan itu sesungguhnya adalah berkat kerja keras semua pihak.

“Bukan milik atas kinerja seseorang atau milik walikota dan wakilnya, bukan juga milik anggota dewan serta bukan juga milik organisasi tertentu,” tandas Wali Kota Ibnu Sina.

Dalam kesempatan itu Ibnu Sina mengakui sebagai Walikota Banjarmasin dalam melaksanakan pembangunan masih ada sejumlah agenda yang terselesaikan dan belum diwujudkan untuk dipersembahkan untuk warga Banjarmasin.

Seperti diantaranya kata Wali Kota Ibnu Sina rencana besar pembangunan jalan dan jembatan tembus Jalan Pramuka – Sungai Gampa yang diharapkan pembangunan dapat dimulai tahun 2024 dan diharapkan selesai tahun 2026.

Diakhir sambutannya Walikota Ibnu Sina sebagai generasi penerus ia menghimbau untuk mewujudkan cita-cita luhur para pendiri kota Banjarmasin ini.

“Untuk mencapai tujuan itu melalui kesempatan ini saya mengharapkan kepada pimpinan dan anggota DPRD yang terhormat agar kerjasama yang terjalin selama ini antara jajaran legislatif dengan jajanan eksekutif senantiasa tetap dapat terjaga dengan baik,” tutup Ibnu Sina. (adv)

Editor


Komentar
Banner
Banner