Nasional

Parade Ikan Bakar hingga Artis Ibu Kota Meriahkan Festival Teluk Tamiang 2023

Gelaran festival tahun 2023 di destinasi wisata Teluk Tamiang, Kecamatan Tanjung Selayar, Kotabaru berlangsung meriah.

Featured-Image
Festival Teluk Tamiang 2023 berlangsung meriah. Foto : Jumain for Apahabar.com

bakabar.com, KOTABARU - Gelaran festival tahun 2023 di destinasi wisata Teluk Tamiang, Kecamatan Tanjung Selayar, Kotabaru berlangsung meriah.

Festival kali ini berlangsung semarak lantaran di isi dengan beragam rangkaian, di antaranya parade ikan bakar di sepanjang pesisir pantai, serta dihibur dengan penampilan tiga artis ibu kota.

Artis berkelas nasional itu ialah Ratna Lida, Santi KDI serta Raza KDI.

Sementara kemeriahan agenda festival kali ini juga sekaligus memeriahkan pesta laut atau yang sering disapa Mappanretasi tahun 2023.

Plt Kadisparpora Kotabaru, Risa Ahyani, mengatakan festival dan pesta laut merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME atas rezeki yang dilimpahkan di pantai Teluk Tamiang yang menjadi sumber utama penghidupan masyarakat nelayan bersuku Bugis.

Selain itu menurutnya, festival digelar agar masyarakat Teluk Tamiang dan sekitarnya dapat merayakan dan menghormati nilai-nilai budaya sambil menginspirasi generasi muda dalam mendorong semangat kreatifitas serta melestarikan budaya lokal.

"Jadi, festival Teluk Tamiang ini juga akan menjadi objek untuk memfasilitasi kolaborasi antara generasi muda dan generasi yang lebih tua yang akan menghubungkan pengetahuan tradisional dan ide segar sehingga warisan budaya tetap relevan dan terus terpelihara," ujar Risa.

Risa menambahkan, Bupati Kotabaru telah menetapkan sektor pariwisata sebagai visi misi utama Pemerintahan Kabupaten Kotabaru, terlebih Kotabaru sendiri merupakan daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

"Semoga dengan agenda-agenda festival pariwisata dapat menambah kunjungan wisatawan di Bumi Sa Ijaan tercinta ini," harapnya Minggu (3/12) sore.

Sementara Asisten Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Minggu Basuki, mengatakan atas nama Pemerintah Kotabaru menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara festival Teluk Tamiang yang agendanya cukup dinanti-nanti masyarakat.

Terlebih menurutnya, wisata pantai Teluk Tamiang merupakan salah satu destinasi wisata andalan milik Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, yang memiliki beragam keindahan di antaranya air lautnya yang biru jernih dilengkapi hamparan pasir putih dan bersih.

"Pada prinsipnya acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah dilaksanakan secara turun-temurun," pungkasnya.

Baca Juga: Selisih Harga Hingga Rp5 Ribu, Pasar Murah di Kotabaru Diserbu Pembeli

Editor
Komentar
Banner
Banner