Pemilu 2024

Para Mantan Pejabat Kalsel Daftar Bacaleg Partai NasDem di Pileg 2024

Sejumlah mantan pejabat daerah di Provinsi Kalimantan Selatan meramaikan bursa bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Pileg 2024.

Featured-Image
Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Kalsel kembali memasukan berkas Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) ke KPU Kalsel. Foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Sejumlah mantan pejabat daerah di Provinsi Kalimantan Selatan meramaikan bursa bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Pileg 2024.

Mereka mencalonkan diri dari Partai NasDem untuk berlaga memperebutkan kursi parlemen. Sebab komposisi mantan pejabat Kalsel terdiri dari 20 persen dari total bacaleg yang diajukan NasDem Kalimantan Selatan. 

“Ada mantan kepala dinas, mantan Wakil Bupati, mantan Wakil Wali Kota. Ada beberapa lah, ya mungkin sekitar 20 persen,” ujar Sekretaris DPW Partai NasDem Kalsel Akhmad Rozanie HN, Jumat (12/5).

Baca Juga: Alokasi Kursi dan Dapil Pileg Kalsel 2024 Tak Berubah

Para mantan pejabat tersebut di antaranya eks Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, M Yusuf Effendi. Ia akan bertarung di Dapil 4, meliputi Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan Hulu Sungai Tengah.

Kemudian mantan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya yang maju di dapil Kalsel-7, meliputi Banjarbaru dan Tanah Laut.

Lalu mantan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Abdul Haris Makkie di dapil 1, Banjarmasin.

Baca Juga: KPU: 14 Bacalon Anggota DPD RI Penuhi Syarat Ikut Pemilu 2024

Rozanie menargetkan kemenangan Partai NasDem di Pileg 2024, terlebih mendapat suntikan kekuatan dari para mantan pejabat di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sebab NasDem Kalsel telah mematok 13 kursi dalam perolehan gelaran Pemilu 2019 lalu, sehingga diharapkan bertahan atau justru meningkat.

“Sesuai motto kita yakni gerakan perubahan, jadi saya kira wajah dari empat kursi ke 13 tersebut,” ungkap dia.

Diketahui, terdapat 9 bakal calon senator Provinsi Kalsel yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kalimantan Selatan, Jumat (12/5).

Mereka adalah Habib Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim, Gusti Farid Hasan, Antung Fatmawati, dan Muhammad Hidayatullah, Habib Zakaria, Nanik Hayati, Muhammad Yamin, Habib Hamid Abdullah dan Sayyid Umar Al Idrus.

Kemudian 6 parpol peserta Pemilu sudah menyerahkan dokumen pendaftaran, masing-masing PKS, PDI Perjuangan, Golkar, PAN, PPP, dan NasDem.

Baca Juga: Target Tambah 2 Kursi DPRD Kalsel, PAN Proyeksi Raup Suara Dapil 1 dan 7

Editor
Komentar
Banner
Banner