Pemkab Tabalong

Panwaslu Kelurahan dan Desa Dilantik, Bupati Tabalong Sampaikan Pesan

Sebanyak 131 anggota Panwaslu kelurahan-desa se-Kabupaten Tabalong telah dilantik dan diambil sumpahnya, Senin (6/2).

Featured-Image
Sekda Kabupaten Tabalong, Hj Hamida Munawarah, saat membacakan sambutan Bupati. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Sebanyak 131 anggota Panwaslu kelurahan-desa se-Kabupaten Tabalong telah dilantik dan diambil sumpahnya, Senin (6/2).

Terkait hal tersebut, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, menyampaikan pelantikan anggota Panwaslu kelurahan-desa untuk Pemilu 2024 memiliki makna yang sangat penting dan strategis.

"Panwaslu sebagai ujung tombak penyelenggaraan Pemilu agar dapat melaksanakan tugas dengan profesional sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku dan tetap menjunjung tinggi netralitas, integritas dan kejujuran serta keadilan dalam penyelenggaraannya," katanya melalui Sekda Tabalong, Hj Hamida Munawarah.

Baca Juga: Viral Resepsi Perkawinan Saat Banjir di Martapura, Nyuci Piring Tinggal Celup

Menurut Hamida, pelaksanaan Pemilu bisa berjalan demokratis jika semua petugas dan elemen yang terlibat di dalamnya melaksanakan tugas, fungsi dan kewajibannya dengan baik, serta berkoordinasi dan bekerja sama secara efektif. 

"Keberadaan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dalam penyelenggaraan Pemilu memiliki tugas pokok dan fungsi yang bisa dikatakan sangat vital," sebutnya.

Hamida berharap semua anggota Panwaslu kelurahan-desa yang dilantik mampu memahami secara baik dan benar setiap tugas, wewenang dan tanggung jawab yang diberikan serta dapat melakukan koordinasi secara vertikal maupun horizontal dengan seluruh pemangku kepentingan terkait. 

"Jangan sampai ada timbulnya konflik dikarenakan Panwaslu tidak bersikap jujur dan adil. Sebab, anggota Panwaslu mempunyai tanggung jawab yang tinggi dalam menjaga stabilitas pada pemilihan umum yang akan dilaksanakan mendatang," katanya, mengingatkan.

Baca Juga: Sempat Hilang, Gadis Asal Banjarbaru Ditemukan Sedang Berkemah di Mandiangin

Hamida meminta anggota Panwaslu yang dilantik untuk melaksanakan  tugas, wewenang dan kewajiban yang telah diberikan sebagai anggota Panwaslu sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku

"Junjung tinggi integritas,profesionalisme, antisipatif terhadap segala potensi yang mungkin timbul. Tingkatkan partisipasi aktif masyarakat dan lakukan kordinasi dengan komponen penyelenggara dan pengawas pemilu, serta pengamanan agar terjalin sinergi yang akan menjadi kunci kesuksesan pada pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang," pesannya.

Tidak lupa dia juga berpesan kepada para anggota Panwaslu kelurahan-desa untuk menjaga amanah dan kepercayaan, kehormatan, serta tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan.

"Insyaallah, kita akan selamat dan sukses sampai tujuan," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner