Pemkab Banjar

Panen di Kebun PKK Banjar, Saidi Mansyur Bicara Kedaulatan Pangan

Banjar H Saidi Mansyur bersama Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas syukuran panen buah dan sayur di kebun PKK Kabupaten Banjar, di Sekumpul Ujung, Martapura.

Featured-Image
Bupati Banjar bersama istri dan anak syukuran dan panen buah - sayur di kebun PKK Banjar, di Jl Sekumpul Ujung, Martapura, Senin (29/2). foto-MC Banjar

bakabar.com MARTAPURA - Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, bersama Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas syukuran panen buah dan sayur di kebun PKK setempat yang berlokasi di Sekumpul Ujung, Martapura, Senin (19/2) sore.

Bupati mengatakan, kegiatan panen ini bukan sekadar seremonial belaka, melainkan tonggak awal dalam mewujudkan visi Kabupaten Banjar yang mandiri dalam sektor pertanian.

Menurutnya, dengan potensi tanah subur di Kabupaten Banjar kebun PKK harus diberdayakan dan dikembangkan agar menghasilkan panen yang berkualitas dan menjanjikan.

"Kebun PKK bukan hanya sekadar lahan pekarangan dan lahan pertanian, tetapi sebagai simbol kesungguhan dalam menghadapi tantangan pangan dan memperkokoh kemandirian," papar Saidi.

“Dalam menghadapi tantangan ke depan, kita juga harus memperhatikan kedaulatan pangan," sambungnya.

Kabupaten Banjar, kata Saidi, tidak boleh ketergantungan dengan hasil pertanian dari luar daerah. Potensi pertanian dan perkebunan lokal harus terus dioptimalkan agar dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menerangkan, tujuan panen buah dan sayuran ini adalah untuk memberikan contoh kepada kadernya di kecamatan maupun desa agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang bersifat ekonomi untuk ketahanan pangan keluarga.

“Dengan adanya kebun percontohan ini, kader-kader PKK dapat mencontoh dan memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanami sayur sayuran, buah buahan, bunga dan lain sebagainya, sehingga dapat menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga,” tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner