Pemkot Banjarmasin

Pakaian Adat Nusantara Warnai Peringatan HUT ke-79 RI di Balai Kota Banjarmasin

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin melaksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RepubIik Indonesia ke-79, di Halaman Balai Kota Banjarmasin.

Featured-Image
Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin melaksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RepubIik Indonesia ke-79, di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (17/8/24). Foto: Humas

bakabar.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RepubIik Indonesia di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (17/8/24).

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina bertindak sebagai inspektur upacara didampingi Ketua TP PKK kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah.

Dalam suasana yang penuh semarak, upacara detik-detik proklamasi di halaman Balai Kota Banjarmasin terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Meski pun begitu, upacara peringatan tetap berlangsung khidmat. Walikota Ibnu Sina, menekankan pentingnya persatuan dalam keberagaman saat beliau berbicara mengenai perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 RI.

"Detik-detik proklamasi kali ini lebih semarak karena kita mengenakan pakaian adat nusantara. Semua suku bangsa ada di sini, dicerminkan dari pakaian adat masing-masing daerah," ungkap Ibnu Sina.

"Ini adalah simbol keakraban bahwa di Banjarmasin kita hidup harmonis, dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu," lanjutnya.

Dirinya menyoroti bahwa terdapat 32 suku bangsa di Banjarmasin yang hidup rukun dan damai, "Spirit kemerdekaan sesungguhnya bukan tentang menyeragamkan, tetapi tentang bagaimana kita bisa bersatu dalam perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika, bersatu dalam keragaman, itulah yang kita junjung tinggi," ujarnya.

Dalam perayaan tersebut, Ibnu Sina menegaskan totalitas budaya dari seluruh penjuru Nusantara, dari Aceh hingga Papua, ditampilkan dengan mengenakan pakaian adat masing-masing. Hal ini, menurutnya, merupakan cerminan dari semangat kebangsaan yang harus terus dipupuk.

"Pesannya jelas, Nusantara Baru dan Indonesia Maju dimulai dari persatuan dalam perbedaan. Desain di IKN bukanlah rumah adat tertentu, tetapi Garuda, simbol bagaimana Indonesia dengan Pancasila, 4 Pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Ini adalah pilar-pilar bagi Indonesia menuju 100 tahun kemerdekaan di tahun 2045," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa spirit yang sama ada di Banjarmasin, sebuah kota yang juga sebentar lagi akan merayakan ulang tahunnya yang ke-498. "Sejarah dan perjuangan Banjarmasin luar biasa. Yang paling penting adalah setiap sudut kota ini adalah ruang budaya, ruang partisipasi, dan ruang kolaborasi," ungkapnya lagi.

Terakhir, Ibnu Sina coba menunjukkan pakaian adat pengantin Banjar yang ia kenakan, menegaskan betapa kaya dan beragamnya budaya yang dimiliki kota berjuluk seribu sungai tersebut, yang terus mendukung masa depan Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan.

Editor
Komentar
Banner
Banner