Tak Berkategori

Pahit Daun Pepaya Mampu Melawan Demam Berdarah

apahabar.com, JAKARTA – Pepaya ternyata banyak manfaatnya. Tidak hanya buahnya, ternyata daun pepaya mampu meningkatkan jumlah…

Featured-Image
Manfaat daun pepaya. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Pepaya ternyata banyak manfaatnya. Tidak hanya buahnya, ternyata daun pepaya mampu meningkatkan jumlah trombosit dan melawan penyakitdemam berdarah.

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) telah menjadi penyakit yang mengancam jiwa di setiap tahunnya sehingga jumlah korban demam berdarah terus meningkat. Penyakit ini memang sering dialami oleh masyarakat Indonesia terutama ketika musim hujan.

Baca Juga: Intip Empat Langkah Bikin Kopi Tubruk Ala Kafe

Gejala DBD diantaranya ialah berkurangnya trombosit darah, demam, dan nyeri sendi yang parah. Ketika penyakit ini terdeteksi, tahap awal yang dilakukan biasanya pemulihan dengan meningkatkan jumlah trombosit.

Jus daun pepaya dikatakan dapat meningkatkan jumlah trombosit dan memperkuat sistem imun tubuh. Seperti dilansir dari E Times (11/7), resep rumahan ini telah populer untuk mempercepat proses pemulihanDBDbersama dengan pengobatan yang diresepkan dokter.

Daun pepaya dipenuhi dengan banyak manfaat. Daun pepaya kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain, yang dapat mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Bukan hanya bagus untuk sistem pencernaan, jus daun pepaya juga dapat mengobati beberapa masalah lainnya seperti mencegah rambut rontok dan ketombe. Jus pepaya ini memiliki beberapa nutrisi seperti vitamin A, C, E, K, dan B dan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium magnesium, dan zat besi.

Belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat daun pepaya dalam penyembuhan demam berdarah. Namun menurut para ahli kesehatan konsumsi daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit yang bagus untuk penderita DBDserta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Rahasia Menjaga Kesehatan di Tanah Suci, Intip Tips MUI Kalsel!

Untuk membuat jus daun pepaya, pilih daun pepaya yang tak terlalu tua, cuci bersih dan potong-potong. Buat jus dengan juicer dan bisa ditambahkan air jeruk lemon agar rasanya lebih segar. Minum jus ini segera setelah dibuat.

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner