Tak Berkategori

Operasi Intan di HST, Petugas Gabungan Sasar Pelanggar Lalu Lintas dan Prokes

apahabar.com, BARABAI – Polres Hulu Sungai Tengah (HST) mulai menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan Intan 2021. Operasi…

Featured-Image
Kapolres HST, Danang menyematkan pita personel operasi Intan 2021 kepada anggota Kodim 1002/Barabai, Senin (12/4)./Foto: Soebagiyo for apahabar.com.

bakabar.com, BARABAI – Polres Hulu Sungai Tengah (HST) mulai menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan Intan 2021.

Operasi Intan pada 2021 ini ditujukan guna menciptkan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) serta keselamatan berlalu lintas selama Ramadan 1442 Hijriah.

Selain itu, sesuai tema yang diangkat pada Operasi Intan ini juga bertujuan meningkatkan disiplin protokol kesehatan (Prokes) serta tidak melaksanakan mudik lebaran 2021

Kapolres AKBP Danang Widaryanto melalui Kasubbag Humas Polres HST, Iptu Soebagiyo menyebutkan operasi akan dilaksanakan 14 hari ke depan.

“Terhitung sejak hari ini hingga 25 April nanti,” kata Soebagiyo usai gelar pasukan di halaman Makopolres HST, Senin (12/4).

Dalam operasi ini, Polres HST ingin menekan angka kecelakaan. Misalnya pengendara yang membahayakan keselamatan berlalu lintas, TNKB yang tak sesuai spek serta pelanggaran kasat mata seperti tidak meggunakan helm dan kaca spion.

Selain melakukan pendisiplinan terhadap pengendara, polisi juga menekankan kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan prokes.

“Kita menyasar pengguna jalan yg melakukan aktivitas di luar rumah tanpa masker, orang yang suspek Covid-19, baik PDP maupun ODP,” kata Soebagiyo.

“Untuk kegiatan ini, kita mengedepankan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis,” tutup Soebagiyo.

Sebelumnya, Polres HST telah menggelar pasukan Operasi Kewilayahan Intan 2021. Penyematan pita tanda gelar pasukan gabungan pun telah diambil.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Danang membacakan amanat Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikhwanto.

Dalam amanat yang dibacakan Kapolres, Kapolda Kalsel memberikan pedoman dalam pelaksnaan tugas kewilayahan ini.

Kapolda menginginkan agar petugas memberikan pemahaman kepada masyarakat, penyebaran Covid-19 masih tinggi. Karena itu, prokes harus tetap dijalankan agar tidak menyebar dan meluasm

Operasi ini, lanjut Kapolres, mengedepankan kegiatan preemtif, reventif dan rersuasif serta humanis. Hal itu ditujukan agar meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dengan menerapkan Prokes di tengah pandemi.

Kapolda Kalsel berharap melalui Operasi Kepolisian Kewilayahan Intan 2021 dapat tercipta Kamseltibcarlantas sebagai upaya menekan angka pelanggaraan kecelakaan lalu lintas.

“Laksanakan tugas sebaik-baiknya dengan tetap mematuhi Prokes. Antisipasi kegiatan masyarakat khususnya di tempat-tempat wisata dengan membuat himbauan secara persuasif dan humanis,” tutup Kapolres.

Turut hadir dalam upacara gelar pasukan ini, anggota Kodim 1002/Barabai, Dishub, Satpol PP serta Dinkes HST.



Komentar
Banner
Banner