Kalteng

OJK: TPAKD Palangka Raya Bisa Jadi Motor Penggerak Ekonomi

apahabarcom, PALANGKA RAYA — Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Palangka Raya, Kalteng telah dibentuk dan…

Featured-Image
Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin bersama Kepala OJK Otto Fitriady dan TPKAD. Foto: Istimewa

apahabarcom, PALANGKA RAYA — Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Palangka Raya, Kalteng telah dibentuk dan dikukuhkan.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalteng, Otto Fitriandy menyampaikan bahwa pembentukan TPAKD ini merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi saat Rakornas TPAKD se-Indonesia.

Presiden meminta agar segera dilakukan pembentukan TPAKD untuk mempercepat perluasan akses keuangan dan mendorong program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Saya berharap bahwa TPAKD Palangka Raya dapat menjadi motor penggerak ekonomi,” kata Otto, Rabu (3/3).

Dengan sejumlah program yang akan dilaksanakan melalui berbagai cara seperti dukungan permodalan pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Peningkatan kompetensi pelaku UMKM melalui berbagai pelatihan, serta membantu sisi pemasaran melalui digitalisasi pelaku UMKM yang sejalan dengan konsep smart city yang dikembangkan Pemkot Palangka Raya.

Sementara itu Wali Kota Palangka Raya,
Fairid Naparin, menjelaskan tim ini nantinya akan bertugas melakukan perluasan dan mengupayakan penyederhanaan proses transaksi keuangan.

Baik pada sisi penghimpunan maupun penyaluran kredit, agar akses keuangan dapat ditingkatkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang akhirnya meningkatkan kesejahteraannya.

Dengan adanya tim ini, maka jalur komunikasi dan koordinasi antara Pemkot Palangka Raya dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) akan berjalan lebih baik dan efisien.

Keberadaan LJK, di Kota Palangka Raya juga diharapkan dapat memberikan peran yang lebih signifikan dalam mendukung perekonomian masyarakat serta mendorong pertumbuhan pembangunan daerah.



Komentar
Banner
Banner