News

Nyaris Seribu Pelajar Masuk Pesantren Ramadan di Masjid Agung Kotabaru 

apahabar.com, KOTABARU – Memasuki hari pertama puasa, pesantren Ramadan ke-36 di Kotabaru resmi dibuka Asisten Perekonomian,…

Featured-Image
Nyaris seibu pelajar turut serta dalam Pesantren Ramadan di masjid Agung Husnul Khatimah

bakabar.com, KOTABARU – Memasuki hari pertama puasa, pesantren Ramadan ke-36 di Kotabaru resmi dibuka Asisten Perekonomian, dan Pembangunan Setda, Akhmad Rivai.

Pesantren Ramadan kali ini kembali berlangsung di Masjid Agung Husnul Khatimah, Kotabaru, Minggu (3/4).

Rivai menyampaikan apresiasi yang telah dilaksanakannya pembukaan pesantren Ramadan oleh pemuda dan remaja Masjid Agung Husnul Khotimah ( Prima) dalam rangka meningkatkan Iman dan taqwa khususnya di kalangan siswa selama bulan suci Ramadan.

“Nah, melalui kegiatan ini para pelajar dapat mengisi Bulan Suci Ramdan dengan kegiatan positif dan bernilai ibadah,” katanya.

Rivai bilang, Pesantren Ramadan menjadi salah satu kegiatan yang dapat membentuk kepribadian penanaman nilai-nilai religi dan memberikan kesadaran bahwa pendidikan agama merupakan kebutuhan setiap muslim.

“Pesantren Ramadhan selain untuk meningkatkan nilai-nilai religi juga dapat memberikan kesadaran, bahwa pendidikan agama merupakan kebutuhan setiap muslim,” ucapnya.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadhan ini dapat menjadikan para pelajar mendalami makna arti bulan suci Ramadan serta meminta agar selalu memanfaatkan, dan mendengarkan ilmu yang diberikan nantinya.

Asisten II ini juga menghimbau, agar peserta selalu menjaga Protokol Kesehatan Covid-19.

Sementara, kegiatan Pesantren Ramadhan ke-36 dilaksanakan selama satu minggu ke depan, dengan tema “Puasa totalitas dan Ramadan yang berkualitas untuk meningkatkan keimanan di bulan suci penuh berkah”.

Selain tadarus Alquran Pesantren Ramadhan kali ini diisi dengan beberapa materi tambahan antara lainz sholat dhuha berjamaah, histori islam (tarikh), seputar fiqih sehari-hari, aqidah-akhlak, dan shalawat bersama.

Sebanyak 962 peserta turut serta dalam Pesantren Ramadan kali ini. Sementara, rinciannya dari tingkat SD/MI sebanyak 396 peserta, SMP/ MTS 291 pelajar, serta SMA/MAN sebanyak 214 peserta.



Komentar
Banner
Banner