Nasional

Ngeri! Detik-detik Mobil Ketua MPR Jumpalitan Tiga Kali

apahabar.com, JAKARTA – Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengalami kecelakaan horor ketika mengikuti Kejurnas Rally 2021 di…

Featured-Image
Seusai kecelakaan horor, Bambang Soesatyo masih sempat berfoto di dekat mobil Citroen C3 R5 yang rusak parah di bagian belakang. Foto: CNN

bakabar.com, JAKARTA – Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengalami kecelakaan horor ketika mengikuti Kejurnas Rally 2021 di Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (27/11).

Dikemudikan pebalap nasional Sean Gelael, mobil Citroen C3 R5 yang ditumpangi Bambang jumpalitan sebanyak tiga kali, sebelum akhirnya berhenti di tepi jalur reli.

Kecelakaan itu pun membuat sejumlah bagian mobil hancur. Kerusakan paling parah terlihat di bagian bodi dan kaca belakang mobil.

Untungnya Bambang dan Sean selamat dari insiden kecelakaan horor maut tersebut. Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu pun mengucap syukur, begitu keluar dari mobil pascainsiden.

“Alhamdulilah, saya dan Sean aman,” papar pria yang biasa disapa Bamsoet itu.

Bahkan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat tersebut tetap bisa melanjutkan kegiatan, karena masih ikut drifting bersama drifter nasional Akbar Rais.

“Alhamdulillah Mas Bamsoet dan Sean Gelael tidak apa-apa. Bahkan habis terguling, langsung ikut drifting dengan Akbar Rais,” jelas staf Bamsoet, Dwi Nugroho, seperti dilansir CNN Indonesia.

Dilansir dari 100KPJ, Citroen C3 tersebut sudah digunakan Sean Gelael sejak 2019. Pertama kali diturunkan dalam Kejurnas Danau Toba Rally, Sumatera Utara, 24 November 2019.

Mobil yang didatangkan langsung dari Prancis itu dibuat khusus oleh Citroen World Rally Team untuk kelas R5. Kelas ini satu tingkat di bawah spesifikasi World Rally Championship (WRC).

Tipe C3 R5 sendiri pertama kali diluncurkan Citroen sejak 2018 di Tour de Corse. Diproduksi sebanyak 26 unit, degngan 22 unit di antaranya dipasarkan kepada pebalap individu alias bukan pabrikan.

Mobil ini memilili mesin 4 silinder dengan 16 valve, didukung Engine Control Unit (ECU) buatan Magneti Marelli. Adapun tenaga maksimal mencapai 285 dk di 5.000 rpm, serta torsi 420 Nm di 4.000 rpm.

Disematkan tiga mode traksi kontrol dengan kecepatan maksimal 200 kilometer per jam. Tenaga disalurkan melalui transmisi manual sequintal 5 percepatan all wheel drive.

Juga menggunakan suspensi Reiger buatan Belanda, harga Citroen C3 R5 tersebut diyakini encapai Rp7 miliar.



Komentar
Banner
Banner