Sport

Nasib Puluhan Kargo Motor Balap Misterius, MotoGP Argentina Tanpa Dua Latihan Bebas

apahabar.com, JAKARTA – Pelaksanaan MotoGP Argentina masih tidak menentu, setelah keberadaan puluhan kargo milik tim balap…

Featured-Image
Salah satu pesawat kargo yang mengangkut dua safety car MotoGP. Diketahui 20 persen pesawat kargo MotoGP disewa Dorna dari perusahaan Rusia. Foto: Motor Mania

bakabar.com, JAKARTA – Pelaksanaan MotoGP Argentina masih tidak menentu, setelah keberadaan puluhan kargo milik tim balap masih misterius.

Sedianya pesawat kargo Boeing 747-222B yang disewa Dorna Sports membawa sejumlah sepeda motor dan perlengkapan lain tiba di Tucuman, Argentina, Jumat (1/4) pukul 21.07.

Pesawat tersebut terbang dari Mombasa, Kenya, empat jam lebih lambat dari jadwal semula. Pesawat akan berhenti di Lagos, Nigeria, dan Salvador de Bahia di Brasil, sebelum tiba di Bandara Tucuman.

Tercatat total lima pesawat yang disewa Dorna untuk membawa perlengkapan dari Sirkuit Mandalika, seusai MotoGP Indonesia.

Namun hingga jadwal yang ditentukan, satu pesawat tidak kunjung datang. Belakangan diketahui pesawat ini sempat mengalami kerusakan di Mombasa

Padahal pesawat membawa perlengkapan delapan tim MotoGP. Paling miris nasib Mooney VR46 dan Gresini Ducati, karena semua kargo mereka berada di pesawat tersebut. Demikian pula Gresini Moto2 dan Leopard Honda Moto3.

Sedangkan tim-tim lain hanya hilang beberapa seperti Ducati Lenovo 10 kargo, WithU Yamaha RNF 2 kargo, Monster Yamaha MotoGP 7 kargo, KTM Tech3 MotoGP 2 kargo, Red Bull KTM 7 kargo dan Suzuki Ecstar 2 kargo.

Seandainya pun tiba, dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memindahkan kargo sebanyak 100.000 kilogram dari pesawat ke truk.

Itu belum termasuk perjalanan dari Tucuman ke Sirkuit Termas de Rio Hondo sejauh 120 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.

Masalah belum selesai, ketika kargo tiba di sirkuit. Semua mekanik dan kru butuh waktu waktu 6 hingga 8 jam untuk mengatur paddock, terutama merakit kembali sepeda motor.

Situasi ini membuat Dorna membatalkan latihan bebas satu dan dua. Sebagai event pengganti dan sambil menunggu kedatangan kargo, mereka memberi kompensasi kepada penonton untuk menjalani pitlane walk.

Penonton MotoGP Argentina 2022 bisa menyaksikan sepeda motor yang dipajang dan bertemu pembalap, kecuali motor-motor Mooney VR46 dan Gresini Ducati.

“Setelah kami melalui 499 balapan, akhirnya kami mengalami masalah yang benar-benar asing,” cetus CEO Dorna Sports, Carmen Ezpeleta, seperti dilansir BolaSport.

“Biasanya kami punya banyak waktu untuk menemukan rencana kedua. Namun sekarang kami tidak memiliki solusi, selain menunggu pesawat yang rusak di Mombasa. Penyebanya alternatif penerbangan tidak lagi tersedia,” sambungnya.

Masalah logistik ini sendiri ikut dipicu invasi Rusia ke Ukraina. Faktanya 20 persen kargo yang digunakan untuk mengangkut logistik MotoGP, dioperasikan perusahaan Rusia.

"Namun ini adalah hal-hal yang bisa terjadi, seperti cuaca buruk atau masalah lain. Kami harus siap untuk menyelesaikan setiap kemungkinan kejadian tak terduga," yakin Ezpeleta.

Adapun latihan bebas ketiga dijadwalkan, Sabtu (2/4) pukul 23.35 hingga 00.35 Wita. Kemudian latihan bebas keempat digelar, Minggu (3/4) pukul 02.40 hingga 03.40 Wita.

Selanjutnya Fabio Quartararo cs langsung menjalni Kualifikasi pertama pukul 04.05 hingga 04.20 Wita. Disambung kualifikasi kedua pukul 04.30 hingga 04.45 Wita

Sementara belum terlihat tanda-tanda perubahan jadwal balapan. Balapan dilangsungkan pukul 02.00 Wita, Senin (4/4).



Komentar
Banner
Banner