Sport

Hasil MotoGP Argentina 2023: Anak Murid Valentino Rossi Berjaya

Mendominasi sejak awal, Marco Bezzecchi memenangi MotoGP Argentina dalam kondisi basah di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (3/4) dini hari Wita.

Featured-Image
Marco Bezzecchi memenangi MotoGP Argentina yang berlangsung di bawah gerimis, Senin (3/4) dini hari Wita. Foto: Moto

bakabar.com, RIO HONDO - Mendominasi sejak awal, Marco Bezzecchi memenangi MotoGP Argentina dalam kondisi basah di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (3/4) dini hari Wita.

Anak murid Valentino Rossi tersebut sudah memimpin sejak lap pertama, ketika menyalip Alex Marquez yang start dari pole position. Adapun posisi ketiga ditempat Francesco Bagnaia.

Sementara Brad Binder yang memenangi sprint race, melintir di tikungan 5 seusai bersenggolan dengan Maverick Vinales dan melanjutkan balapan di posisi terakhir.

Dalam waktu bersamaan, Fabio Quartararo melorot ke posisi 16 akibat disenggol Takaaki Nakagami di tikungan.

Memasuki lap 4, Marco Bezzecchi sudah unggul 1 detik lebih atas pesaing terdekat. Bahkan hingga lap 8, pembalap Mooney VR46 Ducati ini sudah unggul 2 detik atas Alex Marquez.

Adapun Fabio Quartararo yang berupaya memperbaiki posisi, berhasil naik ke urutan 14. Namun rider Monster Energy Yamaha ini tertahan oleh Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Melewati separuh jarak tempuh balapan, perebutan posisi lima berlangsung lebih menarik lantaran melibatkan banyak pembalap.

Fabio Di Giannantonio sempat menguasai posisi kelima, tapi disalip Alex Rins yang diikuti Johann Zarco, Jorge Martin, dan Jack Miller.

Dalam proses selanjutnya, Alex Rins juga gagal mempertahankan posisi kelima, setelah ditelikung Johann Zarco.

10 putaran tersisa, Francesco Bagnaia berhasil menyalip Alex Marquez untuk menempati posisi dua, seusai melakukan late braking untuk mendahului dari jalur dalam tikungan 13.

Namun 2 lap berselang di tempat yang sama, Francesco Bagnaia melakukan blunder. Juara bertahan MotoGP ini terjatuh, meski mampu melanjutkan balapan.

Insiden Bagnaia membuat Marco Bezzecchi unggul hingga 6,6 detik atas Marquez. Di sisi lain, Franco Morbidelli mendapat untung dan berada di posisi ketiga.

5 lap tersisa, Johann Zarco tampil menonjol. Setelah menyalip Franco Morbidelli di lap 23, pembalap Ducati Pramac itu berhasil melewati Alex Marquez di putaran terakhir.

Adapun Bezzecchi berhasil mempertahankan posisi terdepan, sekaligus mencatatkan kemenangan pertama dalam karier di MotoGP.

Sedangkan Johann Zarco menjadi runner up, diikuti Alex Marquez yang harus puas finis ketiga dan kembali gagal mencatatkan kemenangan perdana.

Kemudian berturut-turut Franco Morbidelli, Jorge Martin, Jack Miller, Fabio Quartararo, Luca Marini, Alex Rins dan Fabio Di Giannantonio yang melengkapi sepuluh besar.

Sedangkan Francesco Bagnaia gagal meraih poin, karena hanya mampu finis di peringkat 16 atau tepat di depan Brad Binder.

Diketahui MotoGP Argentina tidak diikuti dua pembalap Repsol Honda. Marc Marquez masih cedera seusai seri pembuka di Portugal. Demikian pula Joan Mir yang cedera akibat insiden sprint race Argentina.

Editor


Komentar
Banner
Banner