Nasional

Nasib Pesawat Buatan BJ Habibie, Tempuh Jalur Darat Lintasi Jalan Tol

apahabar.com, SEMARANG – Badan pesawat N250 Gatotkaca buatan mantan Presiden BJ Habibie harus menempuh jalur darat…

Featured-Image
Badan pesawat N250 Gatotkaca buatan mantan Presiden BJ Habibie harus menempuh jalur darat melintasi Jalan Tol Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Foto-net

bakabar.com, SEMARANG – Badan pesawat N250 Gatotkaca buatan mantan Presiden BJ Habibie harus menempuh jalur darat melintasi Jalan Tol Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Pesawat N250 Prototype Aircraft 01 (PA01) ini melalui perjalanan darat dari Jakarta menuju penghentian akhirnya di Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, karena sudah tidak bisa digunakan lagi.

Namun ketika diangkut menggunakan truk, perjalanan sempat tersendat saat ingin masuk gerbang tol.

Insiden ini terjadi pada Kamis (20/8) malam. Truk yang membawa muatan badan pesawat itu tak bisa masuk gerbang tol, karena ukurannya yang terlalu besar.

Kepala Subunit PJR Tol JT 1B Polda Jateng, Iptu Agus Joko, membenarkan adanya kendala perjalanan truk yang membawa badan pesawat di Gerbang Tol Banyumanik.

“Kejadian sekitar pukul 19.30 WIB. Pada pukul 22.30 WIB sudah bisa melintas,” katanya.

Sementara itu, Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng Fauzi Abdurrahman mengatakan, ketinggian muatan truk tidak memungkinkan untuk melintasi gardu tol.

“Truk sempat diminta mundur untuk dipindahkan ke jalur paling kanan,” katanya.

Proses tersebut, menurut dia, membutuhkan waktu sekitar beberapa jam. Usai melintas di gardu paling kanan yang ukurannya lebih tinggi, truk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta. Kini badan pesawat itu telah sampai dan siap dipamerkan di museum tersebut.(iNews)

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner