Kalteng

Nakes di Kalteng Mulai Disuntik Booster Vaksin Moderna

apahabarcom, PALANGKA RAYA – Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kalimantan Tengah (Kalteng), mulai disuntik vaksin Covid-19…

Featured-Image
Direktur RSDS Palangka Raya, Kalteng drg Yayu Indrianty saat mendapat booster vaksin moderna. Foto: Istimewa

apahabarcom, PALANGKA RAYA - Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kalimantan Tengah (Kalteng), mulai disuntik vaksin Covid-19 booster moderna.

Seperti di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, RS Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya.

“Di Doris sudah mulai booster vaksin moderna hari Jumat kemarin. Termasuk saya sendiri. Sejauh ini aman tidak ada efek samping,” kata Kasi Humas RSDS Palangka Raya, Cipta Yanatama, Minggu (8/8).

Untuk RSDS sendiri, sebanyak 1.400 karyawan, nantinya akan mendapat giliran divaksin moderna.

Tak dipungkirinya, kendati seluruh karyawan dan nakes sudah divaksin lengkap sinovac. Tetapi masih bisa terpapar Covid-19.

Sejak awal pandemi, April 2020 hingga 5 Agustus 2021, jumlah karyawan termasuk nakes di RSDS yang terpapar, sebanyak 369 orang.

Namun, tidak ada yang sampai bergejala berat atau sampai kritis. Setelah menjalani isolasi mandiri (isoman) bisa langsung bertugas kembali.

Cipta berharap dengan adanya vaksin dosis ketiga ini, para nakes dan karyawan di seluruh rumah sakit dapat terlindungi secara maksimal dari penularan Covid-19 terutama di gelombang kedua pandemi ini sehingga mampu melayani masyarakat lebih maksimal.

Sementara itu Direktrur RS Siloam Palangka Raya, dr Kevin Chrisanta Budiyatno, mengakui memang jatah vaksin untuk RS Siloam sudah ada, hanya tinggal pelaksanaan saja.

Sebab, masih menunggu ada nakes lain yang ditunjuk untuk jadi pemberi vaksin di rumah sakit ini.

“Karena pCare kami sudah untuk vaksin gotong royong. Jad kami ngga bisa suntik staf kami sendiri,” ujar Kevin.

Sesuai SK Dinkes, sebanyak 194 karyawan di RS Siloam akan divaksin moderna.

“Senin baru akan dikoordinasikan untuk pengambilan vaksinnya,” ucapnya.

Komentar
Banner
Banner