Politik

Naik 3.585 dari DPS, DPT Pilgub Kalsel 2020 di Tabalong Jadi 170.237

apahabar.com, TANJUNG – Komisi Pemilihan (KPU) Tabalong resmi menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-apahabar.com/Zulfikar

bakabar.com, TANJUNG – Komisi Pemilihan (KPU) Tabalong resmi menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020.

KPU Tabalong menetapkan sebanyak 170.237 DPT. Dari jumlah itu, pemilih laki-laki berjumlah 84.866 orang dan pemilih perempuan sebanyak 85.371.

Bila dibandingkan dengan daftar pemilih sementara (DPS) Balangan berjumlah 166.652 ada penambahan sebanyak 3.585 pemilih.

Jumlah itu diputuskan melalui rapat pleno penetapan DPT di Gedung Pusat Informasi, Tanjung, Rabu (14/10) malam. Hadir dalam rapat tersebut dari Bawaslu Tabalong, PPK, serta sejumlah utusan partai politik di daerah ini.

Komisioner KPU Tabalong, Ardiansyah, mengatakan penetapan jumlah DPT tersebut merupakan hasil dari rekapitulasi DPS.

"DPT tersebut berasal dari DPS dari 12 kecamatan yang ada,” kata Ardi sapaan akrabnya kepada bakabar.com, Kamis (15/10).

DPT ini mulai diumumkan pada 28 Oktober sampai 6 Desember 2020. Warga pemilih yang memenuhi syarat namun tidak masuk dalam DPT karena berbagai hal, misal perpidahan domisili dan lain-lain.

KPU Tabalong, ungkap Ardi menjamin hak memilihnya dengan mengunakan KTP el atau surat keterangan (suket) domisili pada saat hari pemungutan suara 9 Desember 2020 mendatang.

“Walaupun tidak terdaftar dalam DPT, warga masih bisa menggunakan haknya dengan menunjukan KTP el atau suket kepada KPPS sesuai alamat domisili yang tertera pada KTP el atau suket yang bersangkutan,” jelas Ardi.

Ardi juga mengimbau kepada seluruh warga Kalsel dan khususnya warga Tabalong untuk menyukseskan Pilgub Kalsel 2020, dengan menggunakan hak pilih pada 9 Desember 2020 dengan mendatangi TPS tempat terdaftar dalam DPT di wilayah masing-masing.

img

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah memberikan sambutan pada rapat pleno penetapan DPT pada Pilgub Kalsel di Kabupaten Tabalong. Foto-Istimewa



Komentar
Banner
Banner