Sport

Mutiara Ayu Puspitasari Ciptakan Sejarah di Kejuaraan Asia Junior 2023

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari sukses mengukir sejarah setelah meraih juara di ajang Kejuaraan Asia Junior 2023.

Featured-Image
Tunggal Putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari menjuarai Kejuaran Asia Junior 2023, Minggu (16/7). (foto: dok.pbsi)

bakabar.com, JAKARTA - Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari sukses mengukir sejarah setelah meraih juara di ajang Kejuaraan Asia Junior 2023.

Tunggal putri kelahiran Ngawi (Jawa Timur), 17 Mei 2006 itu naik podium tertinggi seusai mengatasi wakil Korea Selatan, Kim Min Ji dua game langsung, 21-11, 21-17.

Dalam laga puncak yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu (16/7) petang, Mutiara mengaku tidak menyangka bisa meraih gelar juara.

Baca Juga: Hasil Superliga Junior 2023 di Luar Dugaan, Ini Komentar Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Maklum performanya sempat tidak konsisten pada Kejuaran Asia Junior 2023 di nomor beregu hingga digantikan perannya oleh Ruzana.

Beruntung mental bertanding Mutiara berbicara sehingga akhirnya bisa bangkit kembali hingga tampil lebih stabil dan meraih gelar juara.

"Senang rasanya bisa meraih kemenangan dua gim langsung dan juara di turnamen ini. Rasanya sangat luar biasa. Hal ini di luar dugaan mengingat hasilnya seperti apa yang diharapkan. Dari turnamen ini saya jadi tahu jika mau dan berusaha saya yakin bisa," ungkap Mutiara.

Dengan hasil ini Mutiara menjadi pebulutangkis Indonesia pertama dari sektor tunggal putri yang pernah juara di Kejuaraan Asia Junior sejak digelar pada 1997 silam.

Baca Juga: Final Indonesia Open 2023: Ginting Harus Puas di Posisi Runner-up

"Saya sendiri merasa tidak menyangka meraih gelar juara ini. Hasil ini seperti mimpi rasanya. Terima kasih kepada publik Yogyakarta yang sudah memberikan dukungan buat saya," tambah Mutiara.

Hasil ini juga terbilang manis buat Mutiara mengingat pada turnamen Indonesia International Series 2023, ia juga menjadi juara di GOR Amongraga, Yogyakarta.

Saat itu Mutiara menjadi jawara di hadapan publik Kota Pelajar seusai mengalahkan seniornya, Stephanie Widjaja lewat pertarungan rubber game dengan skor 15-21, 21-10, 22-20.

Dukungan publik Kota Pelajar paling berkesan buat Mutiara, mengingat dirinya bisa bermain dengan tenang dan nyaman. "Hasil ini seperti dejavu buat saya," lanjutnya. 

Baca Juga: Kalah dari Junior di Final All England 2023, The Daddies Ungkap Faktor Kekalahan

Ke depannya Mutiara berharap performanya bisa stabil dalam bermain mengingat akan bertanding di level yang lebih tinggi lagi yakni pada ajang BWF World Junior Championships 2023 yang berlangsung 24 September hingga 8 Oktober mendatang di Amerika Serikat.

"Saya mengincar gelar juara di BWF World Junior Championships 2023 setelah ini. Gelar juara di sini menjadi modal berharga buat saya untuk mengarungi turnamen Kejuaraan Dunia," tutur Mutiara.

Berikut Hasil Final Kejuaraan Asia Junior 2023 : 

Tunggal Putra: Hu Zhe An (China) vs Yudai Okimoto (Jepang) 13-21, 21-14, 21-14.

Tunggal Putri: Mutiara Ayu Puspitasari (Indonesia) vs Kim Min Ji (Korea Selatan) 21-11, 21-17.

Ganda Putra: Ma Shang Zhu Yi Jun (China) vs Chen Yong Rui/Hu Ke Yuan (China), 19-21, 21-16, 21-14.

Ganda Putri: Mei Sudo/Nao Yamakita (Jepang) vs Park Seul/Yeon Seo Yeon (Korea Selatan) 21-19, 14-21, 23-21.

Ganda Campuran: Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin (China) vs Liao Pin Yi/Zhang Jia Han (China) 21-19, 21-18.

Editor


Komentar
Banner
Banner