Mutasi Pejabat Polri

Mutasi Besar-Besaran, Ini 7 Kapolda Baru di Jajaran Polri

Kapolri merotasi ratusan personel di tubuh Polri, hingga menyebabkan adanya 7 Kapolda baru

Featured-Image
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri (Foto: apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi besar-besaran di tubuh Polri. Tercatat, setidaknya ada tujuh Kapolda di seluruh Indonesia yang resmi berganti.

Mutasi jabatan para Kapolda ini tercantum di dalam Surat Telegram Kapolri ST/713/III/KEP./2023 , yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo pun mengonfirmasi surat telegram tersebut. Ia menyebut adanya ratusan personel Polri yang dimutasi.

"Secara keseluruhan terdapat 473 personel yang dimutasi," ujar Dedi kepada bakabar.com, Rabu (29/3).

Baca Juga: Gantikan Irjen Fadil, Deputi Penindakan KPK Dimutasi Jadi Kapolda Metro Jaya

Dalam surat telegram tersebut, ada tujuh Kapolda baru, yaitu:

1. Kapolda Metro Jaya

Kapolda Metro Jaya diisi oleh Irjen Pol Karyoto, yang sebelumnya mengemban tugas di KPK. Kapolda Metro sebelumnya, Irjen Pol Fadil Imran dipromosikan menjadi Kabaharkam Polri, yang sekaligus akan menambah bintang di pundaknya.

2. Kapolda Sulawesi Tenggara 

Kapolda Sulteng akan diisi oleh Irjen Pol Agus Nugroho. Ia menggantikan Irjen Pol Rudy Sufahriadi yang dimutasikan ke Pati Lemdiklat Polri, sebagai persiapan penugasan luar struktur.

3. Kapolda Jawa Barat

Kapolda Jawa Barat akan diisi oleh Irjen Pol Akhmad Wiyagus. Ia menggantikan Irjen Suntana yang akan ditugaskan sebagai Pati Baintelkam, dalam rangka penugasan luar struktur. 

Baca Juga: Bertambah Bintang, Kapolda Metro Jaya Diangkat Jadi Kabaharkam Polri

4.Kapolda Lampung

Kapolda Lampung akan diisi oleh Irjen Pol Helmy Santika. Ia menggantikan Akhmad Wiyagus yang ditugaskan sebagai Kapolda Jabar.

5. Kapolda Gorontalo

Irjen Pol Irjen Pol Angesta Romano Yoyol ditugaskan sebagai Kapolda Gorontalo. Dirinya menggantikan Irjen Pol Helmy Santika yang menjabat sebagai Kapolda Lampung.

Baca Juga: Raport Merah Selubungi Kilau Citra Semu Polri

6. Kapolda Kalimantan Barat

Posisi Kapolda Kalimantan Barat akan diisi oleh Dirtipidter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Pipit Rismanto. Dengan mutasinya menjadi Kapolda ini, Brigjen Pipit akan bertambah bintang di pundaknya.

Kapolda Kalbar sebelumnya, Irjen Pol Suryanbodo akan menjadi Pati Polda Kalbar, dalam rangka pensiun.

7. Kapolda Sulawesi Selatan 

Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso ditugaskan menjadi Kapolda Sulsel. Ia menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana, yang ditugaskan untuk DPR RI.

Editor


Komentar
Banner
Banner