Kebakaran Museum

Museum Nasional Terbakar, Petugas Berhasil Padamkan Api 1 Jam Kemudian

Kebakaran terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/9).

Featured-Image
Museum Gajah pasca kebakaran. apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Kebakaran terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/9).

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Dulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menerima laporan kebakaran pada pukul 20.00 WIB.

Info Humasjakfire menyebutkan, pengerahan awal Gulkarmat DKI sebanyak 7 unit dengan 21 personel dikerahkan untuk melakukan pemadaman. 10 menit kemudian jumlah mobil damkar ditambah sebanyak 8 unit beserta 32 personel tambahan.

15 menit kemudian, 13 unit mobil pemadam datang membantu dengan 52 personel.

Baca Juga: Museum Nasional Terbakar, 13 Unit Mobil Pemadam Dikerahkan ke Lokasi

Petugas pemadam berupaya keras untuk melokalisir perambatan api. Api berhasil dilokalisir perambatannya dan dinyatakan padam pada pukul 20.40 WIB oleh 13 unit (11 unit Jakarta Pusat serta 2 unit tambahan) mobil pemadam dengan 52 personel.

Sejauh ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran museum yang terletak di seberang Monas tersebut. 

"Sudah padam, belum tahu sebabnya, dan apakah ada koleksi yang terbakar," ujar Teguh, salah seorang petugas pemadam saat ditemui bakabar.com di lokasi kejadian, Sabtu (16/9).

Pantauan bakabar.com, ruas jalan di Jalan Medan Merdeka Barat arah Harmoni ditutup sementara. Hanya ada bus Transjakarta yang dipersilahkan melewati jalan protokol itu.

Baca Juga: Menengok Pameran Lukisan Seniman Legendaris Nasirun di Museum OHD

Sementara iu, pagar depan Museum Gajah juga ditutup. Beberapa awak media masih setia di lokasi, sementara warga yang tidak berkepentingan dilarang masuk.

Selain itu, 2 unit mobil damkar masih terparkir tepat di depan pintu masuk museum bersama 1 unit ambulan yang disiagakan sejak awal.

Editor
Komentar
Banner
Banner