Hot Borneo

Mulai Pemeriksaan CJH-Contingency Plan, Berikut Persiapan AP I Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru Sambut Musim Haji 2023

Stakeholder Relation Bandara Internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor mengatakan jika secara keseluruhan AP I siap menyambut musim haji 2023.

Featured-Image
Ilustrasi jemaah haji Kalsel. Foto-dokumen

bakabar.com, BANJARBARU - Menyambut musim haji, sejumlah persiapan telah dimatangkan Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru.

Stakeholder Relation Bandara Internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor mengatakan jika secara keseluruhan AP I siap menyambut musim haji.

Kesiapan itu, mulai dari pemeriksaan calon jemaah haji (CJH) hingga Contingency Plan.

"Layanan di Asrama Haji ada pemeriksaan CJH dan barang bawaan, kemudian pemeriksaan bagasi, airport handling embarkasi dan debarkasi, pengaturan penempatan pesawat sampai pengaturan jemaah haji dari dan menuju pesawat," ujar Zulfian kepada awak media, Senin (23/5) siang. 

Di Asrama Haji, lanjutnya AP I juga menempatkan petugas juga dan memfasilitasi pengamanan.

"Kemudian untuk persiapan operasional kita membuat rencana operasi kesiapan, mempersiapkan monitoring internal dan melaksanakan koordinasi dengan eksternal. Kemudian memepersiapkan personel, fasilitas dan peralatannya guna menyambut penyelenggara angkutan haji," sambungnya.

Tak hanya itu, AP I kata Zulfian juga akan menyesuaikan kategori fasilitas airport rescue & fire fighting sesuai dengan tipe pesawat.

"Biasanya kita dikategori 9, kemudian kami juga melakukan penyesuaian jam operasional bandar udara, biasanya kalau haji kita 24 jam buka karena haji ada malam. Ini khusus pesawat haji," ungkapnya.

Juga menyiapkan dokumen standar operasi, memastikan kegiatan pemeriksaan dan pemulihan area pergerakan pesawat, serta menyiapakan Contingency Plan.

Contingency plan sendiri adalah tindakan alternatif yang disiapkan ketika rencana utama tidak berjalan dengan baik.

"Secara umum AP I siap. Untuk jumlah personel ada 1690 personel, ada 6 embarkasi yang di tangani AP 1, di Solo, Lombok, Balikpapan, Ujung Pandang, Banjarmasin dan Surabaya," tuntasnya.

Sebagai informasi, tercatat ada 5515 CJH yang dijadwalkan berangkat dan pulang melalui embarkasi Banjarmasin. Dengan total ada 17 kloter, dimana 5 diantaranya dari Kalimantan Tengah.

Editor
Komentar
Banner
Banner