Ramadan 2023

MUI: Penetapan 1 Syawal 1444 H Kemungkinan Bakal Berbeda Pendapat

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, KH Abdullah Jaidi mengungkapkan penetapan perayaan Idulfitri 1 Syawal 1444 H berpeluang

Featured-Image
Ketua MUI Bidang Pendidikan dan kaderisasi dalam konferensi pers penetapan 1 Ramadan 1444 H di Kementerian Agama, Rabu (22/3). (foto: Tangkap Layar/Kemenag).

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, KH Abdullah Jaidi mengungkapkan penetapan perayaan Idulfitri 1 Syawal 1444 H berpeluang akan terjadi perbedaan. 

Tak seperti penetapan 1 Ramadan 1444 Hijriah yang jatuh pada Kamis (23/3) dan diputuskan melalui hasil Sidang Isbat, Rabu (22/3) kemarin. 

"Tahun ini, alhamdulillah kita serempak berpuasa esok hari pada tanggal 23 Maret, 1 Ramadan yang kemungkinan terjadi perbedaan adalah nanti di 1 Syawalnya," kata Abdullah Jaidi, Rabu (22/3).

Baca Juga: Jemaah Masjid Martapura Meluber Saat Malam Pertama Ramadan

Namun ia meminta umat Islam untuk tetap menyikapi perbedaan penetapan Idulfitri dengan saling menghormati antar satu dengan yang lainnya. 

"Mudah-mudahan perbedaan ini bisa dicari penyelesaiannya dengan baik dan bersama-sama," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengajak umat Islam agar menjadikan bulan Ramadan sebagai momen kesalehan beribadah dan sosial, seperti menyantuni fakir miskin yang membutuhkan bantuan.

"Tidak sekadar melaksanakan ibadah puasa Ramadan tetapi kita juga dapat berbagi di dalam rezeki Allah SWT," ungkapnya.

Baca Juga: [ Habar Ramadan ] Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh Pada Tanggal 23 Maret 2023

Terutama dalam merajut persatuan dan kesatuan umat Islam beserta bangsa Indonesia yang akan menghadapi tantangan memasuki tahun politik. 

Maka tenun kebangsaan dan keumatan dapat tetap dirajut demi tetap mempertahankan kebersamaan berbangsa dan bernegara. 

"Agar kita dapat saling pengertian tidak menjadikan isu-isu politik sebagai pemicu perpecahan di antara kita umat dan bangsa Indonesia," pungkasnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner