Politik

Muhammad Rusli, Pensiunan PNS yang Mendampingi Zairullah di Pilkada Tanah Bumbu

apahabar.com, BANJARMASIN – Ada banyak nama-nama baru di Pilkada Tanah Bumbu 2020. Salah satu di antaranya…

Featured-Image
Zairullah Azhar – M Rusli. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Ada banyak nama-nama baru di Pilkada Tanah Bumbu 2020. Salah satu di antaranya adalah Muhammad Rusli.

Jauh sebelum Pilkada Serentak 2020 digelar, nama Muhammad Rusli memang sudah cukup santer terdengar bakal maju di Pilkada Tanah Bumbu.

Namun, banyak yang tidak menyangka jika Rusli akan berpasangan dengan Zairullah Azhar. Apalagi sebelumnya politisi PKB itu santer bakal maju di Kabupaten Kotabaru.

Jika dibandingkan dengan sosok Zairullah Azhar, sosok Rusli memang tidak populer.

Dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun, M Rusli yang berpasangan dengan Zairullah Azhar, adalah saudara dari pengusaha ternama di Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Andi Syamsuddin Arsyad atau akrab disapa Haji Isam.

Dalam urusan birokrasi, Rusli pernah menjadi Pegawai Negeri Sipil sebelum pada akhirnya pensiun saat bertugas di Pemprov Kalsel. Dia juga tercatat pernah bertugas di Pemkab Tanah Bumbu.

Di sana, beberapa posisi pernah ia duduki, di antaranya Kepala Subbagian Kepagawaian Kecamatan Kuranji, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Simpang Empat, Kepala Seksi Oprasional Satpol PP, serta Kepala Subbagian Evadoklap Dinas Tata Bangunan dan Kebersihan Pemkab Tanah Bumbu.
Rusli juga pernah menjadi lurah, dan menjabat sebagai Camat Mantewe.

Di Pemprov Kalsel, Pria kelahiran Bone, Sulsel, 3 Juli 1968 tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulra dan menjadi Kepala Seksi Pengawasan Tambang Dinas Pertambangan.

Pada Pilkada Tanah Bumbu yang akan digelar pada 9 Desember nanti, Zairullah – Rusli akan melawan Syafrudin H Maming – M Alpiya Rahman dan pasangan jalur perseorangan, Mila Karmila-Zainal Ariffin.

Jika Syafruddin H Maming – M Alpiya Rahman didukung tiga parpol: PDIP, Gerindra dan PPP, pasangan Zairullah – Rusli diusung lima partai politik: PKB, Golkar, PAN, PKS dan NasDem.

Editor: Puja Mandela

Komentar
Banner
Banner