Arus Mudik 2023

Mudik Jalur Laut, KSOP Banjarmasin: Jangan Membeli Tiket ke Calo

Kepala KSOP Banjarmasin Agustinus Maun mengingatkan calon penumpang pada mudik Lebaran 2023 melalui jalur agar tidak membeli tiket dari calo.

Featured-Image
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Agustinus Maun (kedua kiri) bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi (kedua kanan) saat melakukan pemeriksaan kapal angkutan mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin Agustinus Maun mengingatkan calon penumpang yang menggunakan jalur laut di Pelabuhan Trisakti agar tidak membeli tiket dari calo.

“Pemudik jangan ada yang membeli tiket ke calo. Operator kapal hanya menyediakan pembelian tiket lewat daring,” ucap Agustinus saat melakukan pantauan arus mudik bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (19/4).

Peringatan Agustinus tersebut berkaitan dengan maraknya calon penumpang kapal yang mengaku ditelepon oleh pihak dengan nomor tidak dikenal untuk membeli tiket secara manual.

Nahas, saat datang ke pelabuhan, para calon penumpang mengaku tidak bisa lagi menghubungi oknum calo tiket yang menghubungi lewat telepon. Karena itu, Agustinus mengimbau para pemudik agar tidak percaya kepada oknum yang menjanjikan tiket manual.

Baca Juga: Mudik Lebaran, KSOP Banjarmasin: 10.000 Orang Berangkat ke Pulau Jawa

Agustinus menuturkan terkait calon penumpang kapal yang sudah telanjur ke pelabuhan, pihaknya akan menyediakan layanan di pelabuhan. “Para pemudik yang tidak memahami sistem daring, operator kapal akan mendaftarkan calon penumpang melalui sistem,” ungkapnya.

Pemudik akan diarahkan mengisi formulir yang disediakan untuk selanjutnya dilakukan pendataan dan pendaftaran melalui website yang telah disediakan.

Hingga Rabu (19/4), masih banyak calon penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Para penumpang yang belum menyeberang ke Pulau Jawa diperkirakan mencapai 2.000 orang. Sementara jumlah pemudik yang telah diberangkatkan hingga Rabu (19/4) siang mencapai 11.484 orang.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2023, KSOP Batulicin: Jumlah Pemudik Naik 100 Persen

Agustinus mengungkapkan jadwal semula hari ini memberangkatkan dua kapal, namun terdapat kendala pada salah satu kapal. Sehingga pada Kamis (20/4) akan disediakan tiga kapal sebagai pengganti jadwal kapal yang ditunda hari ini.

Agustinus memastikan tidak akan ada pemudik yang gagal menyeberang. Ia menjelaskan seluruh pemudik akan berangkat dan diharapkan selamat sampai tujuan.

Editor
Komentar
Banner
Banner