MotoGP Mandalika 2023

MotoGP Mandalika Capai 100 Ribu Penonton, Ekonomi Meningkat!

Jumlah penonton MotoGP Mandalika 2023, Lombok mencapai 102.929 orang. Bagi Menteri BUMN, Erick Thohir ini kabar baik bagi perekonomian.

Featured-Image
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengunjungi sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (15/10). Foto: Antara/HO-BUMN.

bakabar.com, JAKARTA - Jumlah penonton MotoGP Mandalika 2023, Lombok mencapai 102.929 orang. Bagi Menteri BUMN, Erick Thohir ini kabar baik bagi perekonomian.

Kata dia, ada peningkatan penonton. Di mana 2022 lalu MotoGP mencatat 102.801 orang. 

"Hal ini menandakan market dari balapan yang masuk kalender dunia ini mulai terpetakan. Mulai dari Jakarta, Jawa Timur, bahkan dari Bali dan Lombok sendiri," ujar Erick di Jakarta, Senin (16/10).

Baca Juga: Pertamina Perkenalkan 50 UMKM di MotoGP Mandalika

Peningkatan jumlah penonton ini mesti jadi modal kajian bagi pengelola Mandalika GP. Agar ke depannya dapat terus meningkat.

Di samping itu, ia juga punya permintaan lain kepada pengelola MotoGP. Untuk menghadirkan acara-acara lain agar bisa lebih menarik minat pengunjung.

"Kegiatan tambahan tak hanya akan mendatangkan penonton. Tapi dengan adanya pameran UMKM atau sejenisnya, maka meningkatkan daya tarik dari wisatawan dalam memberikan dampak ekonomi dan multiplier efek bagi masyarakat sekitarnya," tuturnya.

Baca Juga: Dua Pebalap Ducati Puji Indonesia Jelang MotoGP Mandalika 2023

Erick memuji kolaborasi dan sinergisitas yang dilakukan perusahaan BUMN. Seperti Injourney, ITDC, Pertamina, dan lainnya. Sehingga balapan MotoGP tahun ini bisa berjalan dengan baik.

"Jika tahun lalu dampak ekonomi nasional mencapai Rp3,57 triliun dari Nusa Tenggara Barat, lalu Rp300 miliar dari Jakarta, dan Rp626,3 miliar di beberapa wilayah lain, maka seharusnya jumlah meningkat tahun ini," ucapnya.

Biar tahu saja. Tahun ini Sirkuit Mandalika mencatat sejumlah perbaikan. Mulai dari lintasan (track), kesiapan marshal, medical centre, paddock, grandstand hingga inner-circuit.

Editor


Komentar
Banner
Banner