Sport

MotoGP Italia 2023: Marquez Bersaudara Blunder, Bagnaia Perkuat Puncak Klasemen

Blunder Marquez bersaudara mewarnai MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (11/6).

Featured-Image
Ekspresi kekesalan Marc Marquez yang mengalami kecelakaan di MotoGP Italia, Minggu (11/6). Foto: MotoGP

bakabar.com, MUGELLO - Blunder Marquez bersaudara mewarnai MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (11/6).

Seri pembuka pascarehat paruh musim ini diawali aksi Jack Miller yang langsung melesat selepas start. Akan tetapi Francesco Bagnaia kembali mengambil posisi terdepan di tikungan 2.

Sedangkan Alex Marquez hampir terjatuh di lap 3 akibat aksi nekat menyalip di antara Marc Marquez dan Luca Marini.

Alex sebenarnya bisa berada di posisi ketiga di depan Miller. Namun di tikungan, pembalap Ducati Gresini ini melebar ke kiri,

Akibatnya Alex kembali disusul Luca Marini, Marc Marquez dan Jack Miller. Di tikungan ini pula, Alex hampir terjatuh lantaran dipepet Miller.

Sampai lap 5, posisi tiga besar diisi Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Luca Marini. Adapun Marc Marquez di posisi kelima.

Namun kesialan lagi-lagi dialami Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda ini kecelakaan gara-gara lowside di tikungan 15, ketika hendak menyalip Marini.

Sementara di depan, Francesco Bagnaia mendapat tekanan Jorge Martin yang tertinggal kurang dari 1 detik.

Situasi serupa juga terjadi di baris kedua. Luca Marini bersaing ketat dengan Alex Marquez. Bahkan mereka sempat bersenggolan di lap 12.

Lantas 3 lap berselang, Alex Marquez mengikuti nasib buruk sang kakak. Alex kecelakaan di sektor 1, ketika sudah menempati posisi ketiga.

Kecelakaan Alex menguntungkan Luca Marini yang naik ke posisi ketiga. Sedangkan Francesco Bagnaia terlihat menjauh dari Jorge Martin hingga 1,3 detik di lap 17.

Di sisi lain, kecepatan Jorge Martin mulai mengendor. Hingga akhirnya di lap 18, pembalap Ducati Pramac ini ditelikung Marini.

Walau akhirnya Jorge Martin bisa kembali ke posisi kedua, Marini masih mampu sesekali memberikan ancaman,.

Beberapa lap menjelang balapan berakhir, posisi Luca Marini justru tergeser ke peringkat empat akibat aksi Johann Zarco.

Sebaliknya Bagnaia mempertahankan posisi terdepan di MotoGP Italia, sekaligus mengamankan peringkat teratas di klasemen.

Juara MotoGP 2022 tersebut mengemas 131 poin, atau unggul 21 poin atas Marco Bezzecchi di urutan kedua. Sedangkan Jorge Martin naik ke peringkat ketiga dengan 107 poin, setelah menggeser Brad Binder.

Editor


Komentar
Banner
Banner