DPRD Tanah Bumbu

Momen Harjad ke-19, Said Ismail Bacakan Sejarah Singkat Berdirinya Tanah Bumbu

apahabar.com, BATULICIN – Wakil Ketua I DPRD Tanah Bumbu Said Ismail Kholil Alydrus membacakan sejarah singkat…

Featured-Image
Wakil Ketua I DPRD Tanah Bumbu, Said Ismail Kholil Alydrus, saat membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Tanah Bumbu. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Wakil Ketua I DPRD Tanah Bumbu Said Ismail Kholil Alydrus membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Tanah Bumbu.

Sejarah singkat dibacakan saat momen memperingati Hari Jadi ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu di Halaman Kantor Bupati, Jumat (8/4).

Said Ismail mengatakan betapa besar perjuangan para tokoh penting, sehingga terbentuknya Kabupaten Tanah Bumbu.

"Saya merasakan begitu berat perjuangan para tokoh penting, mewujudkan kabupaten yang kita cintai ini dan saat ini sudah berumur 19 tahun,” ujarnya.

Said Ismail mengajak masyarakat khususnya pemuda Bumi Bersujud sebagai penerus harus bisa menjaga dan meneruskan perjuangan.

"Tugas kita mewujudkan impian para tokoh penting. Tanah Bumbu sebagai kota bersih, suci, jujur, dan damai menuju Serambi Madinah," tuturnya.

Seperti diketahui, upaya masyarakat bersama panitia penuntut Kabupaten Tanah Bumbu untuk mendapat status Kabupaten otonom secara yuridis dan de facto.

Langkah awal untuk mendapatkan status, mulai dengan pembentukan panitia penuntut di Pagatan pada tahun 1959 sampai 1972 dengan Ketua Drs. H. Ilham Jafri, Ibrahim Ganie, Masguel, HM Jabir dan Idham Mansyur.

Periode pertama ini telah berhasil membangun semangat kesepahaman seluruh, namun tidak mendapat dukungan dari pemerintah pusat karena kondisi sosial politik yang tidak memungkinkan ketika itu, sehingga, perjuangan untuk mendapatkan status Tanah Bumbu Selatan yang terpisah dari Kotabaru tertunda.

Komentar
Banner
Banner